Kamis 09 Juli 2020, 16:17 WIB

Prabowo Urusi Lumbung Pangan, Gerindra: Bagian Ketahanan Nasional

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Prabowo Urusi Lumbung Pangan, Gerindra: Bagian Ketahanan Nasional

Dok. Humas Pemprov Kalteng
Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) Tinjau food estate di Kalimantan tengah.

 

PARTAI Gerindra memberi penjelasan alasan dibalik penujukkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk menggarap lumbung pangan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Ketua Umum Gerindra yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menuturkan bahwa lumbung pangan bersinggungan erat dengan ketahanan negara.

"Lumbung pangan saya rasa sebagai bagian dari mewujudkan ketahanan pangan. Pangan sebagai cadangan logistik strategis untuk mewujudkan ketahanan pangan," ungkap Sufmi di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/7).

Gerindra menilai, ketersediaan pangan sebagai cadangan logistik merupakan salah satu bentuk pertahanan negara yang strategis. Hal tersebut diperlukan agar Indonesia bisa berdaulat secara pangan dan tidak tergantung dari negara lain.

"Nah lumbung pangan ini perlu untuk ketahanan NKRI dalam bidang pangan. Itulah alasan Presiden Jokowi menunjuk Prabowo karena memang kaitannya dengan ketahanan negara terutama di bidang pangan," tutur Sufmi.

Gerindra sendiri dikatakan oleh Sufmi sebelumnya sudah pernah mengajukan konsep terkait ketahanan pangan sebelum bergabung ke pemerintah. Konsep ini disampaikan di pertenngahan tahun 2019. Namun, Sufmi menolak apabila penunjukkan Prabowo disebut-sebut sebagai "deal" dengan pemerintah.

"Kalau kemudian ada pertanyaan apakah itu termasuk deal, kemarin kita ga ada deal. Tapi kita menawarkan konsep memperkuat pertahanan pangan hingga energi. Nah saya pikir mungkin konsep yang kemudian di anggap bagus lalu dijadikan misi oleh presiden," paparnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk menggarap proyek lumbung pangan nasional. Hal itu disampaikan Juru Bicara Menteri Pertahanan RI, Dahnil Anzar saat berbicara dalam acara peluncuran buku "Ekonomi Pertahanan Menghadapi Perang Generasi Keenam Karya Laksdya TNI Agus Setiadji" yang berlangsung secara virtual. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PSBB Transisi di Jakarta Diperpanjang, Fokus Penegakan Aturan

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta resmi memperpanjang PSBB Masa Transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus...
Antara

KPK Bidik Pencucian Uang Wali Kota Banjar

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 20:11 WIB
KPK saat ini tengah menyidik dugaan korupsi proyek insfrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar (2012-2017). KPK mensinyalir ada dugaan...
Antara

Mantan Bupati Bogor RY Ditahan KPK Lagi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 19:45 WIB
KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk kedua kalinya menahan mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya