Kamis 09 Juli 2020, 12:19 WIB

Presiden Jokowi ke Kalteng Tinjau Food Estate

Surya Sriyanti | Nusantara
Presiden Jokowi ke Kalteng Tinjau Food Estate

DOK Humas Pemprov Kalteng
Presiden Joko Widodo didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menhan Prabowo Subianto saat mengecek food estate di Kabupaten Kapuas Kalteng

 

UNTUK merealisasikan tahap pertama pengembangan Food Estate di Provinsi Kalimantan Selatan, sejumlah penyuluh di Kementerian Pertanian telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanan Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Targetnya, uji coba penanaman padi 28.000 hektar pada Musim Tanam I tahun 2021 yakni periode Oktober 2020-Maret 2021 dengan dukungan SDM pertanian andal. Uji coba pertama adalah penanaman padi melalui mekanisme intervensi mulai dari tanam, panen, pengolahan hingga menjadi produk siap jual.

Lokasi food estate dan padat karya tunai irigasi berada di bekas lahan gambut di Desa Gadabung, Kecamatan Pendih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Program Food Estate ini merupakan kebijakan Presiden Joko Widodo. Dan pada hari ini, Kamis (9/7) Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah, salah satunya mengecek keberadaan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau.

Dedi Nursyamsi dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mengatakan penyuluh dan SDM pertanian di pusat dan derah harus memastikan kesiapan mendukung Food Estate. 

"Tujuannya menggali semua potensi termasuk kelembagaan ekonomi pendukung lainnya seperti BUMDes, koperasi dan lainnya," kata Dedi. 

Sedangan di Kabupaten Kapuas, dari hasil identifikasi para penyuluh pertania ditemukan empat kecamatan yang berpotensi dikembangkan Food Estate, yakni Kecamatan Bataguh, Kecamatan Kapuas Murung, Kecamatan Pulau Petak, Kecamatan Kapuas Timur, dan Kecamatan Tamban Catur.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi Food Estate dan saluran primer induk UPT A5 di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Kemudian Presiden dan rombongan akan menuju lokasi Food Estate lainnya di Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Setelahnya, Presiden diagendakan untuk meninjau lokasi padat karya irigasi P3-TGAI.

baca juga: Kementan Distribusikan Sapi Pesisir ke Bengkalis dan Mentawai 

Dari Kabupaten Pulang Pisau Presiden akan kembali ke Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya dengan menggunakan helikopter. Selanjutnya, Presiden akan menuju Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah yang berada di Aula Jaya Tingang, Kompleks Kantor Gubernur Kalteng. Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Tengah antara lain, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan  Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Dan selesai kunjungan kerja, Presiden langsung bertolak ke Jakarta. (OL-3)

Baca Juga

MI/PALCE AMALO

Kota Kupang Belum Terapkan Kurikulum Darurat

👤Palce Amalo 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:00 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Dumul Djami mengatakan kurikum darurat masih akan dikaji bersama para kepala...
medcom

Pemkot Palembang Optimalkan Rumah Sakit Tangani Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 21:59 WIB
Pemerintah Kota Palembang akan mengoptimalkan fungsi sejumlah rumah sakit yang sebelumnya ditunjuk sebagai RS penanganan...
Ilustrasi

Kasus Denny Siregar Dilimpahkan ke Polda Jabar

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:32 WIB
Polresta Tasikmalaya telah melimpahkan penanganan kasus dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan, oleh...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya