Rabu 08 Juli 2020, 18:25 WIB

Tarif Rapid Test di Brebes Capai Rp500 Ribu

SUPARDJI RASBAN | Nusantara
Tarif Rapid Test di Brebes Capai Rp500 Ribu

MI/Suparji Rasban
Ilustrasi rapid test.

 

TARIF rapid test di sejumlah rumah sakit (RS) di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, mencapai Rp500 ribu. Termurah Rp450 ribu per orang. Bahkan jika ada tambahan pemeriksaan kesehatan lainnya mencapai Rp1 juta.
     
Misalnya, di RS Siti Aminah yang merupakan RS terbesar di Kota Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. "Di RS Siti Aminah bahkan kalau tidak hanya rapid tes tapi pemeriksaan kesehatan lainnya tarifnya sampai Rp1 juta," ujar warga Bumiayu, Igong, 42, Rabu (8/7/2020).
     
Igong menyebut tarif rapid test tersebut diketahui lewat iklan-iklan yang dikeluarkan RS swasta. "Ya ada yang diiklankan lewat pamflet-famlet," ucap Igong yang aktivis Kesehatan tersebut.

Baca Juga: Tahukah Beda Pemeriksaan Rapid Test dan PCR?
     
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Brebes Sartono, menyampaikan tarif rapid test bisa bervariasi masing-masing RS swasta berbeda. "Tarif rapid testnya bisa saja hanya Rp150 ribu. Tapi kan itu belum termasuk jasa pelayanannya," ujar Sartono.
     
Menurut Sartono, seharusnya tarif rapid test yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran (SE) ada sanksinya. "Kan percuma kalau ada surat edarannya tapi tidak ada sanksinya," ucap Sartono.
     
Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan mengeluarkan SE mengenai batasan tarif rapid tes antibodi untuk Covid-19. Tarif tertinggi rapid test corona dipatok hanya Rp150 ribu. (JI/OL-10)

Baca Juga

Ist

Pariwisata Mandalika NTB Diharapkan Topang Perekonomian Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:05 WIB
Event MotoGP, diyakini Abdulbar, akan membawa manfaat ekonomi yang besar bagi The Mandalika dan Indonesia antara lain penciptaan...
Antara/Wahdi Septiawan

Harga Sawit Naik, Petani Aceh Gembira

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:50 WIB
Petani kelapa sawit di kawasan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh sejak sepekan terakhir bergembira. Pasalnya harga tandan buah sawit...
Ilustrasi

PKS Siap Menangkan Pasangan Balon Gubernur Sulteng dari NasDem  

👤M Taufan SP Bustan 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:36 WIB
Ketua DPD PKS Donggala Takwin mengatakan, secara terpusat PKS sudah memberikan dukungan kepada pasangan Rusdi Mastura - Ma'mun...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya