Rabu 08 Juli 2020, 17:08 WIB

Kembangkan Pendidikan Jarak jauh, BSNP Gelar Uji Publik

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Kembangkan Pendidikan Jarak jauh, BSNP Gelar Uji Publik

Antara
Ilustrasi

 

BADAN Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tengah mengembangkan standar pendidikan jarak jauh (PJJ) jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah untuk menjawab tren pendidikan berkualitas di masa depan.

Pengembangan standar ini merupakan amanat Undang Undang UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang tertuang dalam pasal 31, sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu pendidikan.

“ Saat ini, proses pengembangan draf standar PJJ sudah sampai pada tahap Uji Publik. BSNP memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan melalui surel Sekretariat BSNP (sekretariat@bsnp.or.id),” kata Ketua BSNP Abdul Muti kepada mediaindonesia.com, Rabu ( 8/7).

Baca juga : Menaker: Masalah Ketenagakerjaan Saat Ini Adalah Pendidikan

Dikatakan PJJ merupakan pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik, dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi dan informasi atau media lain.

“ Pembelajaran jarak jauh merupakan alternatif moda PJJ. Sistem PJJ yang semakin berkembang dengan inovasi abad 21 merupakan salah satu sistem pendidikan yang memiliki daya jangkau luas lintas ruang, waktu, dan sosio-ekonomi,” ungkap Abdul Muti.

Sekretaris BSNP Arifin Junaidi menambahkan dalam mengembangkan standar PJJ, melibatkan Tim Ahli yang terdiri atas praktisi dan akademisi pada bidang yang terkait, serta memperhatikan masukan dari berbagai pemangku kepentingan. (OL-2)

 

Baca Juga

DOK KEMENDIKBUD

Cerdas Berliterasi pada Asesmen Kompetensi Minimum

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:05 WIB
Peringkat nilai PISA Indonesia berdasarkan survei tahun 2018 adalah Membaca (peringkat 72 dari 77 negara), Matematika (Peringkat  72...
ANTARA/M Agung Rajasa

Indonesia Butuh 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Senin 10 Agustus 2020, 11:50 WIB
Hal itu didapat dari perhitungan bahwa kebutuhan vaksin se-Indonesia cukup 64% jumlah penduduk yang 260 juta. Lalu dikalikan dengan...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

33.3% Pengaduan yang Diterima YLKI Soal Produk Kesehatan

👤Kautsar Bobi 🕔Senin 10 Agustus 2020, 11:33 WIB
Semenjak pandemi covid-19, terjadi lonjakan harga yang signifikan terhadap produk kesehatan. Sehingga menimbulkan kelangkaan pada masker,...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya