Rabu 08 Juli 2020, 17:00 WIB

Laiskodat Tantang Dewan Tunjukkan Pelaku Korupsi

Palce Amalo | Nusantara
Laiskodat Tantang Dewan Tunjukkan Pelaku Korupsi

MI/Arya Manggala
Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat.

 

NADA suara Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat meninggi saat menyampaikan sambutan pada Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi Terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 di DPRD NTT, Rabu (8/7).

Kemarahan gubernur dipicu pendapat Fraksi Demokrat Solidaritas Pembangunan yang menyebutkan rendahnya realisasi belanja barang dan jasa serta modal di bawah 90% akibat keterlambatan pihak ketiga menyelesaikan pekerjaan konstruksi.

"Yang disebabkan karena bersangkutan (pihak ketiga) memenangkan (dimenangkan) beberapa pekerjaan sekaligus yang melampaui kemampuannya," kata Juru Bicara  Fraksi Demokrat Solidaritas Pembangunan DPRD NTT, Christian Widodo saat membacakan pendapat akhirnya fraksinya.

Setelah tiba gubernur menyampaikan sambutan, ia minta fraksi oposisi pemerintah tersebut membawa pihak ketiga yang disebutkan tersebut kepada dirinya . "Khusus dalam pemerintahan saya, kalau ada yang korupsi, tunjukkan mukanya, jangan baca (sebut) di podium ini," tantang Laiskodat.

Laiskodat mengatakan jika pihak ketiga tersebut sudah dilaporkan kepadanya, ia akan langsung pecat. "Silahkan membawa orang ini, saya akan pecat," tegasnya dengan nada suara tinggi.

Dia berharap nama pihak ketiga itu disampaikan ke pemerintah dalam tempo satu minggu. Sebagai gubernur, ia tidak akan korupsi. "Saya datang untuk membangun negeri ini," katanya.

Sementara itu, selama lima tahun terakhir kinerja pengelolaan keuangan mendapat opini wajah tanpa pengecualian dari BPK Perwakilan NTT.

Pada 2019, pendapatan asli daerah terealisasi sebesar 96,28% atau naik 11,98% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Belanja daerah terealisasi 91,46% atau naik 8,88% dari tahun sebelumnya, surplus anggaran sebesar 77,027 miliar. Sedangkan aset pemerintah provinsi sebesar Rp9,148 triliun atau naik sebesar 21,67%. (OL-13)

Baca Juga

Antara/Hendra Nurdiyansyah

DIY: Jumlah Pasien Sembuh Empat Kali Lipat Pasien Baru

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 18:55 WIB
Jumlah pasien sembuh di DIY, Selasa (11/8), empat kali lipat lebih banyak dibandingkan pasien baru yang terdeteksi...
MI/Ardi Teristi

Soal Pembelajaran Tatap Muka, Sultan Tidak Ingin Coba-coba

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 18:50 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X belum memiliki rencana untuk memberikan lampu hijau pembelajaran tatap muka di sekolah. Sultan juga tidak...
MI/Widjajadi

4 Orang Pelaku Intoleran Sudah Ditetapkan Sebagai Tersangka

👤Widjajadi 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 18:25 WIB
Polisi telah menangkap 5 pelaku aksi intoleran di Mertodranan, Pasar Kliwon. Dari 5 pelaku, 4 di antaranya sudah ditetapkan sebagai...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya