Rabu 08 Juli 2020, 16:55 WIB

Tim Advokasi: Rapid Test Dipatok Rp500 ribu di RS di Jakarta

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Tim Advokasi: Rapid Test Dipatok Rp500 ribu di RS di Jakarta

AFP/SAJJAD HUSSAIN
Rapid test kit covid-19

 

Tim Advokasi Peduli Hukum Indonesia menerima aduan dari masyarakat perihal penyelenggaraan rapid test masih melebihi biaya yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, yakni di atas Rp150 ribu.

Juru Bicara Tim Advokasi Peduli Hukum Indonesia Indra Rusmi mengatakan temuan tersebut terjadi di sebuah rumah sakit swasta di Jakarta Selatan.

"Saat mendampingi langsung masyarakat melakukan rapid test ke satu rumah sakit swasta, masyarakat harus mengeluarkan biaya Rp500 ribu lebih," ujar Indra, Rabu (8/7).

Pihaknya meminta Kementerian Kesehatan untuk mengawasi pelaksanaan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/2875/2020 soal batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibodi Rp150 ribu.

Baca juga: Harga Rapid Test Rp150 Ribu, Pakar: Jangan Dikomersialisasi

Seluruh rumah sakit beserta rekanan penyelenggara rapid test, kata Indra, wajib mematuhi pelaksanaan surat edaran tersebut dalam memberikan fasilitas pelayanan pemeriksaan rapid test antibodi dengan besaran tarif tidak boleh lebih dari Rp150 ribu.

"Apabila melanggar maka pemerintah dapat memberikan sanksi administratif berdasarkan Pasal 54 ayat 1,2,3,4,5 UU No.44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit," jelas Indra.

Tim Advokasi Peduli Hukum Indonesia, imbuh Indra, mendesak pemerintah mengkaji dan membuat kebijakan kembali terhadap besaran tarif tertinggi untuk rapid test antibodi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Hal itu, kata Indra, untuk memberi suatu perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat Indonesia saat pandemi covid-19 masih belum jelas dan tuntas kapan berakhirnya.

"Di satu sisi hal ini penting untuk dipertimbangkan mengingat info yang beredar untuk modal rapid test hanya sebesar Rp30 ribu," pungkas Indra. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Aprillio Akbar

Mau Gunakan Angkutan Massal, Kemenhub Ingatkan Protokol 3 M

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:52 WIB
Pemerintah pun akan terus mendorong masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam menggunakan kereta...
MI/PIUS ERLANGGA

Kesbangpol Imbau Warga Ramaikan HUT RI dengan Umbul-umbul

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:40 WIB
Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini akan terasa sangat berbeda karena Indonesia sedang dilanda pandemi covid-19 yang mewajibkan setiap...
MI/Tri Subarkah

Penyidik Gali Motif Anji Unggah Video dengan Hadi Pranoto

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:00 WIB
Tim penyidik Polda Metro Jaya (PMJ) terus menggali motif atau maksud tujuan musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji yang mengunggah video...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya