Rabu 08 Juli 2020, 16:55 WIB

Dana MRT Fase 2B Diharap Cair Tahun Depan

Sri Utami | Megapolitan
Dana MRT Fase 2B Diharap Cair Tahun Depan

Antara
MRT Jakarta

 

PEMBANGUNAN MRT fase 2B masih terbentur anggaran untuk pembebasan lahan dan diharapkan tahun depan segera cair serta dimulai pembangunan depo.

"Kami masih butuh pendanaan sebetulnya untuk pembebasan lahan di Ancol Barat. Dalam visibility study menentukan bahwa itu lahan yang paling efektif dan efisien dan saat ini sedang dalam proses untuk pendanaan kalau bisa dibebaskan seperti apa," jelas Direktur Utama PT MRT Wiliam Sabandar,  Rabu (8/7). 

Sedangkan terkait jalur telah masuk dalam Panduan Rancang Kota Ancol Barat yakni dari Kota ke Ancol Barat.

"Kalau track lain sudah disepakati jalurnya dari HI sampai ke Kota ini baru fase 2B. Kemudian dr Kota sampai ke Ancol Barat itu memang sudah keputusan gubernur yang juga sudah didukung Kemenhub untuk kawasan itu," jelasnya. 

Dia berharap pada November tahun depan telah mendapatkan pendanaan yang kemudian bisa memulai tender desain dan konstruksi untuk fase 2B.

Baca juga : DPRD DKI Tegaskan Reklamasi Ancol Tidak Bisa Dibangun Tanpa Perda

"Sekarang dana yang disiapkan baru sampai 2A, baru sampai Kampung Bandan. Dari 22,5 triliun itu kami baru bisa bikin depo dikit di utara tapi untuk bangun jalur belum. Untuk bangun jalur ini yang kami minta didanai juga oleh JICA"

Sementara itu terkait dengan keterlibatan dua dinas yakni Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan untuk ground breaking stadion di lahan yang sama di Lebak Bulus,  Wiliam menyerahkan hal tersebut ke pemerintah daerah. 

"Sejatinya, pembebasan lahan itu kewenangan Pemprov. Oleh karena sebab itu  kami bersurat kepada pemerintah provinsi untuk mendanai pembebasan lahan tersebut tahun lalu, sejatinya memang di tahun lalu itu ada upaya ukalau memang pemasukan paling tidak sebagian pendanaan untuk dibebaskan oleh pemprov DKI," tandas Wiliam (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Randani

PTSP Jakbar Kembali Dibuka untuk Pelayanan Publik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:25 WIB
KANTOR PTSP di Kantor Walikota Jakarta Barat sudah beroperasi normal dengan tetap menerapkan protokol...
Istimewa

Desain Tanggul Laut Raksasa Teluk Jakarta Selesai Tahun Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:15 WIB
PRE-design tanggul laut raksasa lepas pantai Jakarta telah selesai pada Juli lalu. Laporan akhir akan diserahkan ke Pemerintah Indonesia...
dok.mi

Daerah Penyangga DKI Diminta Aktif Cegah Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:00 WIB
PEMPROV DKI membutuhkan dukungan dari kota-kota penyangga yakni Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Mereka diminta...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya