Rabu 08 Juli 2020, 16:45 WIB

Menaker Beberkan Masalah UMKM di Tengah Pandemi

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Menaker Beberkan Masalah UMKM di Tengah Pandemi

Antara/Mohammad Ayudha
Perajin di Desa Mancasan, Jawa Tengah, membuat gitar yang dipasarkan di sejumlah kota besar.

 

SEKTOR usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menghadapi sejumlah persoalan di masa pandemi covid-19. Salah satunya, penurunan angka penjualan.

"UMKM di masa pandemi ini memiliki berbagai masalah. Seperti, penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan PHK buruh," papar Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (8/7).

Baca juga: Kemnaker: 1,7 Juta Orang Alami PHK dan Dirumahkan Akibat Pandemi

Kementerian Ketenagakerjaan berupaya melakukan pemulihan di sektor UMKM. Sehingga, dapat menahan laju pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan.

“Pemerintah telah melakukan upaya memulihkan keberlangsungan UMKM," imbuh Ida.

Strategi yang dilakukan, yaitu pemberian stimulus kepada UMKM dan koperasi, berikut Bantuan Langsung Tunai (BLT) usaha ultra mikro dan mikro. Selanjutnya, restrukturisasi dan subsidi suku bunga kredit usaha mikro dan restrukturisasi kredit untuk koperasi melalui Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB).

Baca juga: Wapres: Perkuat Ekonomi Umat, Tingkatkan Fungsi Masjid

"Ada juga upaya melalui program belanja di warung tetangga, relaksasi pajak, program Kartu Prakerja dan lainnya," pungkasnya.

Pelaku UMKM juga melakukan perubahan orientasi pemasaran akibat pandemi. Banyak pelaku UMKM yang beralih ke perdagangan elektronik (e-commerce) untuk meningkatkan penjualan.

"Saat ini, pelaku UMKM perlahan beralih ke (penjualan) online. Peningkatan terjadi di UMKM platform digital yang sebelumnya 600 ribu, menjadi 2 juta pelaku usaha," terang Ida.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Perlu Terobosan Kreatif untuk Hindari Resesi Ekonomi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:40 WIB
Pada kondisi saat ini, jelas Rerie, diperlukan kebijakan yang membuka sebanyak mungkin potensi peluang agar bisa keluar dari ancaman krisis...
Antara/Aditya Pradana Putra

Pembahasan Tripartit RUU Cipta Kerja, Aspirasi Buruh Terserap

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:14 WIB
"Seluruh masukan yang sudah disusun tentunya akan menjadi rumusan penyempurnaan draf RUU Cipta Kerja yang akan dibahas lagi dalam masa...
Ilustrasi

Sektor Infokom, Peluang di Tengah Pandemi

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 17:59 WIB
Didik menyebutkan Indonesia mempunyai peluang dari sektor informasi dan komunikasi karena telah ada faktor pendukung seperti siapnya Palapa...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya