Rabu 08 Juli 2020, 16:25 WIB

Sembrono Picu Angka Kematian dari Lalu Lintas Tinggi

Depi Gunawan | Nusantara
Sembrono Picu Angka Kematian dari Lalu Lintas Tinggi

Antara
Anggota polisi memberi contoh berkendara aman dengan menerapkan protokol kesehatan di hadapan ojek dan warga.

 

SIKAP pengendara yang sembrono (abai) peraturan lalu lintas menyebabkan angka kematian tinggi dari kecelakaan lalulintas di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tercatat pada semester I 2020 ada 195 kecelakaan yang menyebabkan 59 meninggal dunia.

"Kecelakaan lalulintas kebanyakan terjadi di wilayah Bandung Barat, seperti Padalarang, Cipatat dan Cikalong Wetan yang dianggap sebagai daerah-daerah rawan kecelakaan," ungkap Kepala Bagian Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar, Rabu (8/7).

Menurut dia, rata-rata penyebab kecelakaan lalu lintas karena kelalaian pengguna kendaraan, terutama sepeda motor. Untuk menekan kecelakaan, kepolisian rutin memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas kepada semua lapisan masyarakat.

"Setiap kali kecelakaan, kita lakukan identifikasi dari mulai usia dan profesi langsung di lokasi kejadian. Dari hasil identifikasi ini, barulah kepolisian memberikan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) seperti ke sekolah-sekolah dan perusahaan," bebernya.

Untuk mencegah kecelakaan, pihaknya mengimbau pengguna kendaraan mematuhi tata tertib berlalu lintas dan tetap mengutamakan keselamatan dibandingkan kecepatan. Sebab biasanya, lanjut dia, kecelakaan terjadi akibat pelanggaran di jalan raya.

"Contohnya melampaui batas kecepatan. tidak memperhatikan marka jalan. Untuk itu, semuanya tetap harus patuhi peraturan lalu lintas, jangan hanya mengutamakan kecepatan, yang penting keselamatan," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga: New Normal, Aktivitas Lalu Lintas Tol Meningkat

Baca Juga

ANTARA/Ho Astra Cipali

Ini Kronolgi Kecelakaan di Tol Cipali yang Tewaskan 8 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:21 WIB
Kecelakaan tersebut terjadi pada jam 03.30 WIB di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Km 184.300, tepatnya di Desa Ciwaringin, Kecamatan...
ANTARA/FB Anggoro

Pemkot Pekanbaru Gelar Razia Masker

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 10:49 WIB
Warga yang kedapatan tidak memakai masker dikenakan sanksi denda uang sebesar Rp250 ribu untuk motor roda dua, dan Rp1 juta untuk mobil...
MI/Rendy Ferdiansyah

103 Titik Panas Bertebaran di Babel, BPBD Siaga

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 10:18 WIB
"Untuk Senin (10/8) ini, titik panas terpantau satelit terbanyak ada di Kabupaten Bangka Selatan 42 titik, total keseluruhan 103...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya