Rabu 08 Juli 2020, 15:50 WIB

Presiden Brasil Positif Covid-19

Faustinus Nua | Internasional
Presiden Brasil Positif Covid-19

AFP/TV BRASIL
Presiden Brasil Jair Bolsonaro di Istana Planalto di Brasilia pada 7 Juli 2020

 

Presiden Brasil Jair Bolsonaro secara konsisten mengabaikan risiko virus covid-19 setelah dirinya dinyatakan positif terinfeksi covid-19 pada Selasa (7/7).

Bolsonaro mengatakan bahwa ia hanya mengalami gejala ringan. Dia juga mengabaikan langkah-langkah penanganan covid-19, misalnya social distancing. Padahal Brasil menjadi negara yang paling parah terkena dampak covid-19. Lebih dari 66.000 orang meninggal dunia karena covid-19.

Brasil adalah alasan besar mengapa Amerika Latin dan Karibia kini telah melampaui 3 juta kasus. Menurut penghitungan AFP, wilayah ini telah mengonfirmasi hampir 140.000 kasus kematian dan hampir setengahnya terjadi di Brasil.

Baca juga: Lampaui 5 Ribu Kasus Covid-19, Palestina Perpanjang Lockdown

Langkah Bolsonaro yang mengabaikan risiko tersebut mengikuti kebijakan Amerika Serikat. Sebagai negara yang paling terpukul akibat pandemi covid-19, Presiden Donald Trump secara resmi menyatakan AS akan mundur dari WHO.

Trump menuduh WHO bersikap bias terhadap Tiongkok. Menurut Trump, organisasi kesehatan dunia itu telah mengabaikan tanda-tanda awal penularan virus covid-19 yang mematikan tersebut. (AFP/OL-14)

 

Baca Juga

AFP

Palang Merah Kirim Relawan Covid-19 dan Banjir ke Korea Utara

👤Faustinus Nua 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:41 WIB
International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) atau Palang Merah telah melatih lebih dari 43 ribu sukarelawan ke...
AFP/Pei Chen

Menteri Kesehatan AS Bertemu Presiden Taiwan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:59 WIB
Azar berada di Taipei dalam lawatan selama tiga hari untuk membahas kesamaan demokrasi dan mempelajari kesuksesan Taiwan mengatasi...
AFP/ANTHONY WALLACE

Hartawan Prodemokrasi Hong Kong Ditangkap Berdasarkan UU Keamanan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:40 WIB
Raja media Hong Kong Jimmy Lai, kritikus paling vokal terhadap Beijing ditangkap Senin, (10/8), di bawah undang-undang keamanan nasional...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya