Rabu 08 Juli 2020, 12:32 WIB

Relawan Lampung Edukasi Protokol Kesehatan di Pulau Terluar

Antara | Nusantara
Relawan Lampung Edukasi Protokol Kesehatan di Pulau Terluar

ANTARA/Ruth Intan
Rio salah seorang relawan kesehatan di Pulau Pisang, Pesisir Barat, Bandarlampung

 

SEJUMLAH tenaga kesehatan yang bertugas sebagai relawan dan tergabung dalam program Nusantara Sehat melakukan edukasi protokol kesehatan dan pencegahan covid-19 kepada masyarakat di Pulau Pisang, salah satu pulau terluar yang ada di Provinsi Lampung.

"Saat pandemi covid-19 mulai masuk ke Lampung dan informasi mengenai edukasi tentang covid-19 belum masif, kami mencoba untuk lebih responsif menanggapi situasi ini dengan melakukan edukasi," ujar salah seorang tenaga medis relawan Nusantara Sehat, Muhammad Rio Gumay, di Pesisir Barat, Rabu (8/7).

Ia mengatakan, kegiatan edukasi dan sosialisasi mengenai protokol kesehatan serta bahaya covid-19 dilakukan dengan berkeliling mengendarai sepeda motor menggunakan pengeras suara.

"Saat itu Pulau Pisang belum dibentuk tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 sehingga kami dengan segera melakukan tindakan preventif bagi masyarakat, dengan menaiki kendaraan roda tiga kami menyosialisasikan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan cuci tangan kepada masyarakat mengelilingi pulau," ujarnya.

Baca juga: Panduan Protokol Kesehatan Bidang Kesenian Diterbitkan

Menurutnya, dengan adanya tindakan preventif, masyarakat dapat memahami dan sadar akan penerapan protokol kesehatan.

"Masyarakat mulai paham menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi, bahkan ada kejadian yang mencengangkan saat ditemukan wisatawan datang dengan kapal, masyarakat dengan kesadaran pribadi meminta dengan sopan kepada wisatawan untuk kembali ke Krui sebagai ibu kota kabupaten," tuturnya.

Ia menjelaskan, kejadian tersebut sempat terjadi beberapa kali kepada sejumlah wisatawan yang nekat berwisata di tengah penerapan aturan pelarangan bepergian.

"Selain dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, kami tim relawan kesehatan Nusantara Sehat bersama tim kesehatan Pulau Pisang juga membuka donasi masker kain bagi masyarakat Pulau Pisang, dan semua telah dibagikan dengan jumlah 1.500 masker lebih," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Pesantren Kiblat Solusi Pendidikan Nasional Masa Covid-19

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:48 WIB
"Pesantren bisa menjadi solusi dan memberikan jalan keluar di tengah keterbatasan yang dimiliki," tegas Panglima Santri Muhaimin...
Ilustrasi

Gubernur Sumut Minta Usut Preman yang Serang Satgas Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:36 WIB
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi minta kepolisian untuk menindak para preman yang menyerang Satgas Covid-19 Mebidang saat menggelar...
ANTARA/Zabur Karuru.

Ada Pasar Burung dan Batu Akik di Bekas Lokalisasi Dolly

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:20 WIB
Sentra Pasar Burung dan Batu Akik luas 840 meter persegi yang diresmikan pada Rabu (21/10) merupakan usulan dari warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya