Rabu 08 Juli 2020, 10:36 WIB

Calon Perwira Remaja Harus Jaga Pancasila dan Kuasai Teknologi

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Calon Perwira Remaja Harus Jaga Pancasila dan Kuasai Teknologi

ANTARA/Risky Andrianto
Ilustrasi--Sejumlah calon perwira remaja TNI dan Polri mengikuti pembekalan dan pengarahan

 

PRESIDEN Joko Widodo berpesan kepada para calon perwira remaja TNI dan Polri untuk selalu berkomitmen menjaga Pancasila sebagai ideologi negara.

Pesan tersebut disampaikan dalam acara Pembekalan Calon Perwira Remaja TNI-Polri 2020 yang dihadiri presiden secara virtual, Rabu (8/7).

"Saya berpesan untuk selalu merawat semangat persatuan dan kesatuan, merawat semangat persaudaraan dan gotong royong. Calon perwira harus konsisten pada tujuan-tujuan besar bangsa, memiliki jiwa kesatria dan pantang mundur, selalu optimis pada kejayaan dan kemajuan bangsa," ujar Jokowi.

Para calon perwira TNI juga dituntut menguasai teknologi.

Baca juga: Perlu Sinergitas TNI dan Polri dalam Penanggulangan Terorisme

Saat ini, bidang teknologi militer berkembang dengan sangat cepat. Instrumen persenjataan sudah dimodifikasi dengan kecerdasan buatan.

"Teknologi otomatisasi dan teknologi sensor yang mengarah pada penginderaan jarak jauh semakin canggih. Komputasi kuantum juga telah mengarahkan pada sistem senjata yang otonom serta pertahanan siber," tuturnya.

Begitu pun bagi calon perwira kepolisian. Sekarang ada begitu banyak kejahatan yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital.

Kejahatan-kejahatan siber seperti itu memerlukan kemampuan antisipasi dan mitigasi yang jauh lebih baik.

"Tantangan saat ini jauh lebih dinamis, jauh lebih berat, jauh lebih kompleks dari sebelumnya. Dunia berubah dengan cepat, disrupsi teknologi telah berdampak pada semua sektor kehidupan. Oleh karena itu, saudara-saudara wajib terus belajar. Belajar sendiri maupun belajar melalui insititusi. Kita tidak bisa lagi berpikir dengan cara yang biasa-biasa saja," tegas presiden. (OL-1)

Baca Juga

Antara

KPK Kawal Program Bantuan Usaha Mikro selama Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 19:22 WIB
"KPK siap untuk mendukung supaya semua program percepatan penanganan covid-19 di bidang ekonomi bisa berjalan. Atmosfernya semuanya...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Ketum PAN: Saya Mentor Politik Gibran Putra Jokowi

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 19:20 WIB
Zulkifli Hasan mengungkap alasan dukungan tersebut karena Gibran dianggap calon terbaik bahkan pihaknya optimistis Gibran bisa mendulang...
Mi/M. Irfan

Kasus Joko Tjandra, Legislator: Jangan Berhenti di Jaksa Pinangki

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 18:44 WIB
Jika memang benar Jaksa Pinangki menerima aliran dana senilai itu maka diduga kuat dia bukanlah orang tunggal yang menikmati dana dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya