Rabu 08 Juli 2020, 10:13 WIB

GLZoo Paling Siap Dibuka di Era New Normal

Agus Utantoro | Nusantara
GLZoo Paling Siap Dibuka di Era New Normal

DOK Gembira Loka
Gembira Loka Zoo (GLZoo) menjadi acuan destinasi wisata lainnya, khususnya di Yogyakarta

 

WAKIL Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengemukakan, Kebun Binatang Gembira Loka (GLZoo) Yogyakarta, menjadi destinasi wisata di Kota Yogyakarta yang paling siap dibuka sesuai era new normal.

"Saya lihat manajemen Gembira Loka sudah menyiapkan diri lebih bagus. Ini merupakan ruang terbuka publik terbaik yang paling siap buka kembali," kata Heroe, saat berkunjung ke GL Zoo  untuk melihat kesiapan menjelang beroperasional kembali kebun binatang tersebut, Selasa (7/7).

Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta mengharapkan Gembira Loka Zoo (GLZoo) menjadi acuan destinasi wisata lainnya, khususnya di Yogyakarta dalam mempersiapkan diri dibukannya kembali kebun bintang itu bagi pengunjung.

Kedatangan Heroe di GLZoo disertai rombongan dari Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY). Selama di kebun binatang terbesar di Jateng/DIY itu mereka disambut dan diajak keliling kawasan GLZoo oleh Dirut GL Zoo, KMT A Tirtodiprojo, dengan naik Taring (transport keliling) yang tersedia  di kebun binatang tersebut. Rombongan dipimpin Ketua Harian Gusus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu juga menyempatkan meninjau pembangunan Zona Cakar tahap II yang sudah selesai dibangun.

Selain itu juga meninjau ruang nutrisi di kebun binatang itu. Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi melihat dalam menyambut new normal ini manajemen GLZoo telah mematangkan protokol kesehatan. Diawali di tempat parkir pengunjung menjalani pemeriksaan suhu badan. Manajemen juga telah memasang marka tanda jalur yang harus diikuti oleh pengunjung baik masuk maupun keluar sehingga mereka tidak saling berpapasan.

"Kami juga memperbanyak sarana-prasarana cuci tangan lengkap dengan sabun," kata Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan.\

baca juga: 

Yosi menambahkan, tempat pemesanan tiket pun diatur agar tidak terjadi persentuhan antarpembeli dan antara pembeli dengan petugas penyediaan tiket. Sebelum beroperasional kembali,  manajemen masih akan dilaksanakan simulasi internal untuk lebih mematangkan penerapan protokol kesehatan di kebun binatang tersebut. 

"Terakhir sebelum buka, kami merencanakan mengundang instansi terkait yang berkaitan dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19," tambahnya.

Dirut GLZoo, KMT A.Tirtodiprojo yang akrab disapa Joko mengatakan kebun binatang yang dikelolanya baru akan beroperasional kembali pada akhir Juli ini. 

"Kami perlu melatih dan  membiasakan para karyawan kami supaya tidak canggung dalam melaksanakan tugas menerapkan protokol kesehatan nantinya," tutur Joko. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA/Dedhez Anggara

Jalur Pendakian ke Gunung Ciremai Kembali Dibuka

👤Nurul Hidayah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:52 WIB
Seluruh jalur pendakian dan wisata alam di Gunung  Ciremai sebelumnya ditutup sejak 17 Maret 2020 akibat merebaknya pandemi ...
DOK MI

ABY-HJT Janjikan Bawa Klaten Jadi yang Terbaik

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:40 WIB
Pasangan ABY-HJT diusung koalisi Partai NasDem, PAN, PKB, dan PPP, serta didukung lima partai nonparlemen, yaitu Hanura, Perindo, Berkarya...
DOK.MI

Kasus Positif Covid-19 di Sumut Alami Penurunan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:34 WIB
Selasa (4/8), Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi memanggil pimpinan dari tiga daerah yaitu Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang,...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya