Rabu 08 Juli 2020, 05:45 WIB

Digitalisasi TV Misi Besar Pemerintah

Media Indonesia | Politik dan Hukum
Digitalisasi TV Misi Besar Pemerintah

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Menteri Kominfo, Johnny G Plate

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan komitmen untuk mempercepat digitalisasi televisi terestrial nasional, yang saat ini masih menggunakan siaran analog, dalam beberapa tahun ke depan. Digitalisasi sektor penyiaran ini merupakan keniscayaan yang menjadi bagian dari misi besar pemerintah.

“Kami meminta semua pihak untuk mengambil langkah dan posisi yang sejalan dengan kebijakan nasional ini. Pihak-pihak yang tidak sejalan atau berlawanan arah dengan kebijakan ini sama dengan tidak mengikuti atau menghambat misi besar pemerintah bersama-sama ekosistem untuk percepatan transformasi digital Indonesia,” ungkap Menteri Kominfo Johnny G Plate saat jumpa pers virtual, Senin (6/7).

Mempercepat penyelesaian undang-undang soal telekomunikasi, informatika, dan perlindungan data merupakan salah satu dari empat upaya kementerian untuk mendorong migrasi dari siaran analog ke digital.

Menurut Johnny, digitalisasi harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, dari ekonomi hingga kepentingan publik, termasuk menjadikan siaran televisi yang berkualitas. “Masyarakat kita selama ini rugi karena kualitas layanan yang tidak sesuai dengan perangkat teknologi mutakhir yang mereka miliki.”

Negara anggota ITU, lembaga PBB yang meng urus telekomunikasi, sejak 2007 menyepakati penataan pita spektrum frekuensi radio untuk televisi terestrial pada 2015. Indonesia tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga dalam melakukan analog switch off, Malaysia dan Singapura, yang sudah selesai pada 2019. Adapun Thailand dan Vietnam secara bertahap mulai selesai tahun ini.

Menkominfo mengatakan disrupsi teknologi menuntut para pelaku industri di sektor ini untuk menyesuaikan pola bisnisnya agar sejalan dengan perkembangan era digital. Hal ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan usaha para pelaku bisnis dan investor bidang penyiaran.

Digitalisasi televisi secara signifikan akan meningkatkan efisiensi dalam industri penyiaran di Tanah Air. *“Para pengusaha dan investor di sektor industri penyiaran perlu segera membangun sinergi untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan ASO menuju televisi digital Indonesia,” harap Johnny. (Ant/P-2)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

3 PNS, 2 Swasta dan Pegawai BUMN Diperiksa untuk Nurhadi

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:12 WIB
Keterangan keenam orang itu sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan penyidikan kasus...
DOK DPR RI

Program PEN Dinilai Melindungi Kemampuan Ekonomi Pelaku Usaha

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:00 WIB
Menurutnya, program PEN akan mendukung pelaku usaha asalkan menerapkan kaidah-kaidah kebijakan yang penuh...
DOK DPR RI

Workshop Penanganan Situasi Darurat di Kompleks Parlemen Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:29 WIB
Kompleks DPR juga merupakan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi dan menjadi saksi bisu dalam sejarah NKRI dari masa ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya