Rabu 08 Juli 2020, 01:35 WIB

Wakil Ketua BAKN DPR Pertanyakan Efektivitas Subsidi Energi

Widhoroso | Ekonomi
Wakil Ketua BAKN DPR Pertanyakan Efektivitas Subsidi Energi

Ist/DPR
Wakil Ketua BAKN DPR RI Ahmad Syaikhu

 

WAKIL Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Ahmad Syaikhu mempertanyakan efektivitas dan pengawasan subsidi energi. Pertanyaan itu diungkapkan Syaikhu dalam rapat dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), DPP Organda dan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Senin (6/6).

Kepada Organda, politisi PKS itu mempertanykan soal efektivitas subsidi energi. "Apakah subsidi sudah memadai dan bagaimana Organda melakukan pengawasan terhadap anggota yang menyalahgunakan subsidi?" ujar Syaikhu.

Sedangkan kepada pimpinan YLKI, Syaikhu menyinggung soal pengaduan-pengaduan atau keluhan dari masyarakat soal pengadaan energi. "Seberapa banyak dan sering YLKI dapat pengaduan serta seputar apa keluhan yang diterima dari masyarakat?" tanya Syaikhu.

Kepada MTI, mantan Wakil Wali Kota Bekasi itu bertanya tentang reformulasi yang tepat agar subsidi bisa efektif dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pengguna transportasi. "Apakah pola pemberian subsidi sudah efektif? Jika belum bagaimana reformulasi yang lebih tepat?" tanya Syaikhu.

Lebih jauh, Syaikhu juga menyoroti subsidi energi berupa gas dan BBM, sebab di Indonesia, dalam satu dekade terakhir angka subsidi mencapai  lebih dari seratus triliun rupiah setiap tahunnya. Bahkan pada 2014 angka subsidi energi mencapai angka Rp246,5 triliun atau 2,8 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) atau setara dengan belanja di lebih 5 kementerian lembaga.

BAKN DPR RI sejak dua pekan lalu mengundang berbagai pihak terkait untuk mendapatkan masukan soal subsidi energi. Diharapkan, ke depannya subsidi BBM dan gas akan tepat sasaran dan berkurangnya penyalahgunaan. (RO/R-1)

Baca Juga

DOK BNI SYARIAH

Bhakti BNI Syariah Lindungi Pesantren dari Covid-19

👤Dro/S1-25 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 04:57 WIB
BNI Syariah berkomitmen untuk menjalankan hasanah way, yakni terus menerus berupaya untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan (hasanah)...
Ist

Amar Bank Raih Best Places to Work 2020

👤Widhoroso 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:57 WIB
Penghargaan Best Places to Work 2020 menggunakan metodologi penilaian mulai dari survei terhadap seluruh karyawan, penilaian dari SDM...
DOK MI

Pelayaran Internasional Pelabuhan Tanjung Priok Tetap Berjalan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 01:11 WIB
Pada semester I 2020, arus peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok pada periode Januari-Juni tercatat sebanyak 2,99 juta TEUs, atau turun 7,7...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya