Selasa 07 Juli 2020, 22:49 WIB

Terumbu Karang di Karimunjawa Rusak, Kerugian Capai Rp12 Juta/m2

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Terumbu Karang di Karimunjawa Rusak, Kerugian Capai Rp12 Juta/m2

Antara/Aji Styawan
Ekosistem terumbu karang di Karimunjawa

 

ISU kerusakan ekosistem pesisir dan laut semakin marak belakangan ini. Salah satu contoh yang pernah terjadi yakni kerusakan ekosistem terumbu karang di wilayah perairan Karimunjawa akibat kapal tongkang batubara yang parkir di sekitar pulau tersebut.

Kondisi itu kemudian menggugah Pakar Ekologi Terumbu Karang Departemen Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Munasik untuk menghitung besaran kerugian akibat kerusakan ekosistem terumbu karang di perairan Karimunjawa.

“Di Karimunjawa sudah ada beberapa kasus sejak 2017-2018. Kemudian kita lakukan observasi perhitungan. Kita perlu melakukan satu penghitungan klaim ganti rugi atas kerusakan yang diakibatkan,” tutur Munasik dalam webinar Valuasi Ekosistem dan Pengelolaan Berkelanjutan Pesisir dan Laut, Selasa (7/7).

Menurut Munasik, penghitungan besaran kerugian akibat kerusakan lingkungan hidup selama ini hanya menggunakan komponen kerugian dari referensi/average global value of annual ecosystem services. Padahal, kondisi ekosistem di Indonesia sangat beragam, sehingga dibutuhkan nilai/harga ekosistem yang riil di suatu wilayah sebelum timbul kerusakan.

Valuasi ekosistem terumbu karang yang dilakukan Munasik bersama sejumlah peneliti lainnya meliputi ecological value dan services value. Penghitungan dilakukan dengan menggunakan metode Emergy Analysis (EmA), metode yang secara kuantitatif mengekspresikan value/nilai semua produk berdasarkan energi yang setara dengan energi matahari dan digabungkan dengan metode konvensional.

Adapun komponen-komponen yang dihitung dalam variabel nilai ekologis meliputi, sinar matahari, CO2, bentos, ikan, masa air, dan zooxanthellae. Sedangkan komponen yang dihitung dalam variabel nilai layanan antara lain, pariwisata, akuakultur, biaya perlindungan/manajemen, ecosystem buffer, dan tutupan karang hidup.

Baca juga : 15 Tahun Mati Suri Festival danc(E)motion Dibangkitkan Korona

Berdasarkan pemantauan di wilayah observasi, prosentase tutupan karang hidup mencapai 42 persen, abiotic 30 persen, karang mati 26 persen, alga 1 persen, dan biota lainnya 1 persen. Kemudian dari penghitungan yang dilakukan Munasik bersama peneliti lainnya didapatkan bahwa nilai ekosistem terumbu karang di Taman Nasional Karimunjawa yakni mencapai Rp3.174.013/m2/tahun.

Tingkat kerusakan terumbu karang di Karimunjawa mencapai 26 persen, sehingga untuk memulihkan hingga 100 persen pada setiap meter persegi kerusakan dibutuhkan waktu sekitar 65 tahun lamanya.

“Berbasis nilai ekosistem terumbu karang tersebut, maka nilai kerugian ekosistem terumbu karang di TN Karimunjawa adalah Rp12.245.419 per meter persegi . Ini dasarnya adalah tingkat GDP nasional tahun 2012,” tuturnya.

Munasik menuturkan, dengan besarnya kerugian yang diakibatkan oleh kerusakan ekosistem karang, pihaknya menyarankan pemerintah agar menjadikan nilai/harga ekosistem nasional sebagai salah satu variabel penghitungan kerugian kerusakan lingkungan hidup.

Ia juga mengusulkan sistem valuasi ekosistem terumbu karang dengan menggunakan metode Emergy Analysis (EmA) untuk diaplikasikan di lokasi lain sehingga diperoleh hasil value/nilai ekosistem terumbu karang untuk tingkat lokal dan nasional. (OL-7)

Baca Juga

Ist

PTI Beri Pelatihan Wirausaha Kulirer kepada Sahabat Disabilitas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:58 WIB
Berkolaborasi dengan  sekolah Highscope Bintaro, pelatihan ini diadakan antara lain untuk menjadi bagian dalam mengatasi kondisi...
Dok Kemendikbud

Bersama Hadapi Korona, Bersama Bangkitkan Bangsa

👤S2-25 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:21 WIB
Meski dalam kondisi situasi pandemi, visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan...
Instagram/NIKIZEFANYA

Niki Rekaman Single tanpa Metronom

👤MI 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 04:40 WIB
PENYANYI Niki 21, melakukan sekali rekaman untuk single Lose yang dirilis pada Kamis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya