Selasa 07 Juli 2020, 22:29 WIB

15 Tahun Mati Suri Festival danc(E)motion Dibangkitkan Korona

Retno Hemawati | Humaniora
15 Tahun Mati Suri Festival danc(E)motion Dibangkitkan Korona

Dok Chendra Panatan
Lukat - Dibal Ranuh

 

Festival danc(E)motion 2020 telah menerima 37 film tari dari penjuru Nusantara yang bagus dan semuanya bercerita tentang "menang" atau mempunyai tema tentang Kemenangan.

Menurut Chendra Panatan, direktur festival danc(E)motion: "Momen danc(E)motion festival ini menemukan bentuk yang ‘pas’ untuk memberikan perhormatan kepada guru dan tokoh tari Indonesia: Farida Oetoyo disaat pandemi yang melanda dunia.

Festival Film Tari "danc(E)motion 2020" bangkit setelah 15 tahun tertidur dan menemukan bentuknya yang baru dalam kelahirannya kembali pada era pandemi Covid-19 oleh pelopornya Chendra Panatan, Dhani Turner dan Adella Fauzi.

"danc(E)motion" tahun ini diperkuat oleh 3 juri yang bereputasi tinggi dibidangnya. Nia Dinata adalah sutradara yang karya filmnya antara lain: Ini Kisah Tiga Dara, Arisan, Janji Joni, Ca Bau Kan dan masih banyak lagi. Nia Dinata menilai film tari dari sisi sinematografi.

Ditta Miranda, penari kebanggaan Indonesia yang berkiprah professional secara internasional di Jerman dengan dance company yang besar dan ternama: Wuppertal Tanz Theatre, dipimpin oleh koreographer terhebat: alm. Pina Bausch. Ditta  pernah menyandang gelar penari terbaik se Eropa oleh majalah tari: Tanz Aktuell. Ditta Miranda menilai dari segi tari atau koreografi.

Juri yang menilai dari segi musik adalah seorang pianis dan komposer Ananda Sukarlan. Seorang maestro dibidang musik klasik yang dikagumi secara internasional, menetap di Spanyol dan aktif konser serta produktif membuat banyak karya musik untuk piano, vokal dari karya-karya sastra, orkes dan opera.  Rapsodia Nusantara adalah salah satu karya nya yang sangat terkenal dan telah dimainkan oleh banyak pianis di dunia.

Dukungan dan kerjasama juga terjalin dalam Festival Film Tari ini. Danc(E)motion mendapat dukungan dari “Istituto Italiano Di Cultura Jakarta” direkturnya Maria Battaglia dan dari “EurAsia Dance Project International Network”, Stefano Fardelli sebagai direktur artistiknya.

Pemenang Festival Film Tari danc(E)motion 2020 adalah:

1. Film Tari Terbaik dari segi tari atau koreografi adalah LOOK FORWARD, koreografer & penari: Martina Feiertag & Dian Bokir

2. Film Tari Terbaik dari segi film atau sinematografi adalah LUKAT, disutradarai oleh Dibal Ranuh.

3. Film Tari Terbaik dari segi musik adalah RESTART, oleh komposer Nur Handayani.

4. Dan untuk Film Tari Pilihan Penonton berdasarkan jumlah likes terbanyak di IGTV dancemotionfestival.id adalah LOOK FORWARD, produksi Dimar Dance Theatre. (OL-12)

 

Baca Juga

Antara

Kemendikbud Genjot PAUD di Nusa Tenggara Timur

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 17:03 WIB
Kemendikbud menjalin kerjasama dengan Pemerintah New Zealand dan UNICEF Indonesia sejak tahun 2016 dalam mengembangkan model PAUD-HI di...
Medcom

Hari ini, Pasien Covid-19 Sembuh di Indonesia jadi 75.645 Orang

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:48 WIB
Update pasien covid-19 sembuh di Indonesia menjadi 75.645 orang setelah ada tambahan 1.756...
ANTARA/Adiwinata Solihin

Inilah Standar Pemenuhan Gizi di RS saat Bencana

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:45 WIB
Ahli Gizi Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta Yeni Prawiningdyah menjelaskan sejumlah standar penyelenggaraan gizi dalam situasi bencana di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya