Selasa 07 Juli 2020, 21:35 WIB

Jangan Beralasan Covid, Pabrik Rokok tak Serap Tembakau Petani

Tosiani | Ekonomi
Jangan Beralasan Covid, Pabrik Rokok tak Serap Tembakau Petani

Antara
Petani merawat tanaman tembakau jenis Mantili di lereng gunung Sindoro Desa Canggal, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (19/6/2020)

 

BUPATI Temanggung M Al Khadziq, meminta pabrik rokok tetap menyerap tembakau petani saat musim panen sekitar Agustus mendatang. Jangan sampai wabah korona atau Covid-19 menjadi alasan pabrik rokok tidak menyerap (membeli) hasil panen petani.

Bupati meminta perwakilan pabrik, pedagang, pengepul, jangan menjadikan pandemi covid-19 sebagai alasan untuk menekan harga jual tembakau, dan juga jangan dijadikan alasan untuk tidak menyerap tembakau asli Temanggung.

"Pedagang, petani, perwakilan pabrik rokok, semua memang harus hati-hati terhadap bahaya covid, tapi jangan sampai kemudian ada yang dirugikan, jangan sampai ada yang dipersulit. Kalau semua pihak bisa hati-hati, insyaallah kita aman dari covid dan urusan mbakon tetap lancar," kata Bupati Temanggung M Al Khadziq saat mengunjungi perwakilan pabrik rokok Gudang Garam di Temanggung, Selasa (7/7).

Dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih 1,5 jam Bupati dan Wakil Bupati Heri Ibnu Bowo ditemui oleh para pimpinan perwakilan PT Gudang Garam yakni Tjhin Tjong Giong, Hartanto, dan Tjong Yen.

"Kami berharap tembakau asli Temanggung yang diutamakan diserap. Harganya juga yang pantas lah, karena tembakau asli kita ini kualitasnya paling tinggi di dunia," pesan Bupati.

Pada kesempatan itu, para pimpinan perwakilan Gudang Garam memastikan akan mengutamakan pembelian tembakau asli dan murni Temanggung. Mereka juga meminta para petani, pengepul, pedagang tidak mencampur tembakau asli
Temanggung dengan tembakau dari luar.

Tri Supono, salah seorang petani tembakau asal Desa Lamuk, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung mengatakan, saat ini pihaknya belum mulai panen. Namun ia memperkirakan hasil panen tahun ini akan bagus jika cuaca bagus
hingga akhir musim panen.  "Kami juga berharap hasil panen akan terserap maksimal oleh pabrikan dengan harga yang pantas,"katanya. (OL-13)

Baca Juga

Istimewa

Salma Markets Lebarkan Pasar ke Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 20:50 WIB
DI tengah kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Salma Market justru melebarkan sayapnya ke...
Antara/Prasetyo Utomo

Target Produksi Batu Bara Adaro Turun Jadi 52-54 Juta Ton

👤Suryani Wandari Putri 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 19:30 WIB
Target baru untuk produksi batu bara turun sekitar 10% dibandingkan tahun 2019 secara tahunan, terutama didorong oleh penurunan...
Dok. Pertamina RU IV Cilacap

Pertamina RU Cilacap Catat Rekor Penanaman Wijayakusuma Keraton

👤Raja Suhud 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 19:05 WIB
Di Cilacap pohon ini hanya tumbuh di pulau karang sisi selatan Pulau Nusakambangan yakni Pulau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya