Selasa 07 Juli 2020, 21:34 WIB

Menkeu: Covid-19 Jadi Momentum Pemanfaatan Teknologi

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Menkeu: Covid-19 Jadi Momentum Pemanfaatan Teknologi

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Keuangan Sri Mulyani

 

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kondisi krisis yang diakibatkan dari pandemi covid-19 merupakan momentum untuk mereformasi pemanfaatan teknologi.

"Semua ini akan dapat dilakukan karena saat ini teknologi berperan penting dalam kehidupan masyarakat luas," ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima, Selasa (7/7).

Pemanfaatan teknologi, imbuh dia, dapat mendorong perekonomian yang kini terhalang lantaran adanya pembatasan sosial untuk menekan penyebaran virus. Melalui pemanfaatan itu pula pemerintah Indonesia dirasa mampu mengatasi permasalahan data penerima bantuan sosial dan berbagai stimulus yang diberikan.

Perempuan yang karib disapa Ani itu bilang, pemanfaatan teknologi di tengah pandemi juga mempermudah penanganan masalah kesehatan. Misal, pemanfaatan ventilator, vaksin hingga konsultasi dokter secara online (dalam jaringan/daring).

Begitu pula pada bidang pendidikan. Pendayagunaan teknologi berperan penting untuk tetap melanjutkan proses belajar mengajar meski pandemi merebak di beberapa wilayah Indonesia.

"Teknologi bisa bantu kita. Reformasi di bidang kesehatan dan pendidikan di Indonesia akan bergantung pada penggunaan teknologi. Sekarang saya transfer uang langsung ke sekolah atau puskesmas. Mereka bisa menggunakan anggarannya menggunakan aplikasi. Semua yang mereka butuhkan, material untuk kesehatan dan pendidikan akan masuk ke aplikasi. Nanti akan ada laporan langsung ke Menterinya. Hal ini memang tidak akan menyelesaikan semua masalah, tapi paling tidak meringankan bebannya karena presiden inginnya semua itu efisien, tidak birokratik lagi," jelas Ani.

Efektivitas dan efisiensi yang didapat dari pemanfaatan teknologi menjadi buah manis yang setidaknya kini dirasakan Indonesia. Salah satunya ialah meningkatnya produktivitas amtenar di Kementerian Keuangan selama diberlakukannya sistem kerja dari rumah.

Ani bilang, institusi pengelola keuangan negara telah membentuk satuan tugas untuk melakukan transformasi pemanfaatan teknologi. "Sekarang kita akan membuat pola work from home untuk permanen. Kita sedang merumuskan pola flexible working space juga. Intinya kami akan menghilangkan proses bisnis yang tidak efektif. Dan ini harus bisa kita lakukan saat ini juga, saat ada krisis," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

BI Buat Jadwal Layanan Publik di Era New Normal

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:34 WIB
Penetapan jadwal terbaru juga termasuk kegiatan operasional dan berlaku sejak 18 Agustus 2020. Langkah ini bertujuan mendorong program...
Antara

Rupiah Melemah, Broker: Publik Khawatir Potensi Resesi

👤Henri Siagian 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:21 WIB
"Potensi resesi di Indonesia mungkin jadi penghalang penguatan," ujar...
Antara/Fakhri Hermansyah

Menhub: Transportasi Unsur Penting dalam Adaptasi Kebiasaan Baru

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:56 WIB
Sebab, kegiatan manusia dan ekonomi harus tetap berjalan di tengah pandemi covid-19. Oleh karena itu, peran transportais harus diperbaiki...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya