Selasa 07 Juli 2020, 20:05 WIB

Kemenkes Keluarkan SE Atur Harga Rapid Test, Termahal Rp150 Ribu

M. Iqbal Al machmudi | Humaniora
Kemenkes Keluarkan SE Atur Harga Rapid Test, Termahal Rp150 Ribu

Antara/Reno Esnir
rapid test antibodi Covid-19

 

KEMENTERIAN Kesehatan mengeluarkan surat edaran (SE) yang mengatur harga tertinggi penarikan biaya tes cepat (rapid test) antibodi. Dalam SE nomor HK.02.02/I/2875/2020 Tentang Batasan Tarif Tertinggi Rapid Test Antibodi itu, harga termahal ialah Rp150 ribu.

"Batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibodi adalah Rp150 ribu," tulis SE yang ditetapkan 6 Juli tersebut.

Dalam ketentuanya, besaran tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan rapid test atas permintaan sendiri.

Saat melakukan rapid test harus dilaksanakan oleh tenaga medis kesehatan yang memiliki kompetensi dan berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan.

Baca juga : Pandemi, Keuangan Milenial Lebih Buruk Dibandingkan Baby Boomer

"Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian bagi masyarakat dan pemberi layanan rapid test antibodi agar tarif yang ada dapat memberikan jaminan bagi masyarakat agar mudah untuk mendapatkan layanan pemeriksaan rapid test antibodi," tulis SE tersebut.

SE yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo tersebut mengacu pada UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Kepres Nomor 12 Tahun 2020 tetang Penetapan Bencana Nonalam Covid Sebagai Bencana Nasional, dan lainnya.

Diketahui, rapid test banyak dilakukan di masyarakat untuk perjalanan dalam negeri. Harga yang bervariasi untuk pemerikasaan menimbulkan kebingungan di masyarakat, untuk itu diperlukan peran serta pemerintah dalam masalah tarif pemeriksaan rapid test agar masyarakat tidak merasa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan. (OL-7)

Baca Juga

Medcom

Hari ini, Pasien Covid-19 Sembuh di Indonesia jadi 75.645 Orang

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:48 WIB
Update pasien covid-19 sembuh di Indonesia menjadi 75.645 orang setelah ada tambahan 1.756...
ANTARA/Adiwinata Solihin

Inilah Standar Pemenuhan Gizi di RS saat Bencana

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:45 WIB
Ahli Gizi Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta Yeni Prawiningdyah menjelaskan sejumlah standar penyelenggaraan gizi dalam situasi bencana di...
Dok. KLHK

KLHK Dukung Pengarusutamaan Gender dan Inklusi Sosial

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:30 WIB
Pokja Gender KLHK, Ditjen PHPL, Ditjen PSKL dan BLU KLHK melakukan  peningkatan kapasitas penguatan kelembagaan PUGe dan inklusi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya