Selasa 07 Juli 2020, 19:21 WIB

Menlu AS Pertimbangkan Larangan Aplikasi Medsos Tiongkok

Antara | Internasional
Menlu AS Pertimbangkan Larangan Aplikasi Medsos Tiongkok

AFP/Getty Images/Justin Sullivan
Tik Tok

 

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan pada Senin malam bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan pelarangan aplikasi media sosial Tiongkok, termasuk TikTok.

"Saya tidak ingin menyampaikannya sebelum Presiden (Donald Trump), tapi itu sesuatu yang sedang kita tinjau," kata Pompeo dalam sebuah wawancara dengan Fox News.

Sejumlah anggota parlemen AS telah menyampaikan isu tentang kekhawatiran keamanan nasional atas penanganan data pengguna TikTok. Mereka mengaku mengkhawatirkan undang-undang Tiongkok yang mewajibkan perusahaan dalam negeri "untuk mendukung dan bekerja sama dengan pekerjaan intelijen yang dikendalikan oleh Partai Komunis Tiongkok."

Aplikasi ini, yang tidak tersedia di Tiongkok, telah berusaha untuk menjauhkan diri dari akar Tiongkok-nya guna menarik perhatian khalayak global dan telah menekankan kemandiriannya dari Tiongkok.

Pernyataan Pompeo juga disampaikan di tengah meningkatnya ketegangan AS-Tiongkok atas penanganan wabah virus korona, kebijakan Tiongkok untuk Hong Kong dan perang dagang selama hampir dua tahun.

TikTok, aplikasi video bentuk pendek yang dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di Tiongkok, baru-baru ini dilarang di India bersama dengan 58 aplikasi Tiongkok lainnya setelah bentrokan perbatasan antara India dan Tiongkok.

Reuters melaporkan pada Senin malam bahwa TikTok akan keluar dari pasar Hong Kong dalam beberapa hari mendatang, memutuskan untuk melakukannya setelah Tiongkok menetapkan undang-undang keamanan nasional baru di kota semi-otonom itu. (OL-12)

Baca Juga

AFP/Mauro PIMENTEL

Angka Kematian Akibat Covid-19 di Brasil Tembus Angka 100 Ribu

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 09:26 WIB
Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan 905 kematian dalam tempo 24 jam, serta 49.970 kasus baru...
AFP/AHMAD GHARABLI

Ada Ancaman, Aksi Anti-Netanyahu Dikawal Polisi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 09:05 WIB
Ekstremis sayap kanan Yona Avrushmi dipenjara selama 27 tahun karena melemparkan granat yang menewaskan seorang demonstran yang memprotes...
AFP/Ahmad GHARABLI

Ribuan Orang Israel Bergabung dalam Protes Anti-Netanyahu

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 06:53 WIB
Para pengunjuk rasa marah terhadap penanganan pemerintah atas krisis covid-19 dan mengatakan Netanyahu tidak boleh tetap menjabat saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya