Selasa 07 Juli 2020, 18:38 WIB

Sasaran Narasi Komunime: PDIP dan Pilpres

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Sasaran Narasi Komunime: PDIP dan Pilpres

Antara
Ilustrasi

 

SEJAHRAWAN dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam menyatakan, fenomena munculnya kembali isu Partai Komunis Indonesia (PKI) akhir-akhir ini merupakan manifestasi untuk kepentingan politik menuju Pemilu 2024.

Ia menyebut PDI-P menjadi pusat hantaman serangan isu komunis karena dianggap akan menghambat agenda itu.

"Fenomena belakangan ini saya kira berkaitan dengan menghadapi tahun 2024, ketika akan ada pilpres. Ada pihak-pihak berkepentingan dihidupkan isu komunisme ini,” ujar Asvi dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (7/7).

Profesor riset bidang sejarah itu menilai kemunculan isu PKI persis sama dengan cara yang dulu dilakukan Soeharto yakni menjadikan komunisme sebagai musuh bersama. 

Mereka dianggap berpadu dengan kelompok yang ingin menjaga eksistensinya seperti penganut gerakan khilafah.

“Mereka ingin memperlihatkan eksistensi sebenarnya, namun juga ingin menghancurkan PDIP. Mereka dengan sengaja ingin menggoyang masyarakat dengan berkata soal kebangkitan PKI,” jelas Asvi.

Faktanya, Asvi mengatakan, komunisme sudah punah dengan adanya TAP MPRS yang isinya membubarkan PKI dan melarang ajaran komunisme, sudah berlaku sejak 1966 serta bertahan hingga sekarang.

Ia menambahkan, di era Orba Soeharto, isu PKI dipertahankan untuk kepentingan pemerintah dan rezim berkuasa guna menghancurkan orang yang bersikap kritis.

“Maka di Orba, setiap jelang 30 September, pasti ada temuan bendera dan kaos PKI. Itu zaman Orba. Sekarang, makin rutin karena ada kelompok kepentingan yang mau angkat isu komunisme itu,” kata Asvi.

Kata Asvi, gerakan mereka semakin menggema karena perkembangan teknologi informasi disertai kurangnya literasi masyarakat dalam menyaring bahan-bahan kampanye yang disebarkan. Informasi sangat mentah dan sumir itu sengaja disebarkan berulang dan terus menerus. (OL-8).

 

Baca Juga

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Pidato Sidang Tahunan Presiden Diharapkan Beri Harapan ke Publik

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:06 WIB
Pidato Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan, lanjut Fadel, juga harus membuat penegasan, terutama soal bagaimana mendongkrak secara riil...
MI/ Seno

Materi Sosialisasi Ideologi Pancasila Harus Mudah Dipahami

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:01 WIB
"Selama ini penyampaian materi dalam proses pembinaan ideologi Pancasila hanya bersifat satu arah, akibatnya peserta hanya menghafal...
MI/AGUS M

Mahfud sebut Demokrasi Makin Bebas, Korupsi Makin Ganas

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:35 WIB
Saat orde baru korupsi dibangun melalui sistem otoriterisme yang membuat korupsi hanya akan dilakukan oleh orang yang paling berkuasa di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya