Selasa 07 Juli 2020, 18:11 WIB

Hong Kong Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19

Faustinus Nua | Internasional
Hong Kong Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19

AFP/Isaac Lawrence
Dengan mengenakan masker, seorang perempuan prodemokrasi berdiri di pusat keramaian Hong Kong.

 

WARGA Hong Kong mulai khawatir dengan gelombang ketiga covid-19. Seiring dengan peningkatan kasus covid-19 di wilayah semi-otonom,

Pada Selasa (7/7), 9 dari 14 kasus baru dikonfirmasi transmisi lokal dan tanpa riwayat perjalanan. Sebelumnya, otoritas setempat memperluas pengujian covid-19 bagi warga yang tidak dikarantina.

"Sejak akhir pekan lalu, situasi epidemi lokal telah berubah dengan cepat. Situasinya sangat kritis," ujar Wong Ka-hing, pejabat Pusat Perlindungan Kesehatan.

Kasus covid-19 yang mengkhawatirkan tecermin dari pengumuman Pusat Perlindungan Kesehatan. Bahwa wabah covid-19 muncul di panti jompo yang berlokasi di wilayah Tsz Wan Shan. Pemerintah pun langsung memperluas tes covid-19 dan penduduk setempat dikarantina.

Baca juga: Hong Kong Dilanda Krisis, Warga Cari Suaka ke Negara Lain

Seorang perempuan berusia 85 tahun di Kong Tai Care untuk Aged Center Limited dipastikan terinfeksi covid-19. Adapun tiga warga lain di panti jompo juga diduga terjangkit virus. Termasuk, seorang pria berusia 79 tahun dan seorang perempuan berusia 67 tahun.

SCMP melaporkan sumber infeksi belum dapat dilacak. Dari kasus lokal yang dikonfirmasi pada Selasa, mencakup seorang pekerja IT di sebuah rumah sakit. Sebelumnya, dia sempat mengunjungi Disneyland pada awal bulan ini.

Kasus lokal lainnya ialah seorang koki yang bekerja di restoran wilayah Shek Mun. Istri dan putranya juga menunjukkan gejala ringan, dan telah dikirim ke rumah sakit untuk karantina.(SCMP/OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Ilmuwan Jepang Beralih ke Ulat Sutera untuk Vaksin Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:55 WIB
Profesor Universitas Kyushu, Takahiro Kusakabe, dan timnya sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin unik menggunakan ulat...
Antara

Rusia Tawarkan Pasok Vaksin Covid-19 ke Filipina

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:45 WIB
Rusia bersedia memasok vaksin virus korona (covid-19) ke Filipina, atau bekerja sama dengan perusahaan lokal untuk memproduksinya secara...
AFP/YONHAP

Banjir Korsel Akibatkan Puluhan Orang Meninggal, Ribuan Mengungsi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 16:18 WIB
Hujan deras, tanah longsor, dan banjir di Korsel telah menewaskan sedikitnya 30 orang dalam beberapa hari terakhir. Namun, jumlah korban...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya