Selasa 07 Juli 2020, 16:50 WIB

Pria ini Menjadi Master Ninja Pertama di Dunia

Galih Agus Saputra | Weekend
Pria ini Menjadi Master Ninja Pertama di Dunia

Unsplash/ Daniel Lincoln
Genichi Mitsuhashi menjadi peraih gelar master ninja pertama dari universitas di Jepang.

KISAH tentang ninja memang terkenal hingga kini namun sosok-sosok aslinya sulit ditemui. Bahkan membayangkan generasi masa kini menjadi seorang yang ahli tentang ninja tampak mustahil.

Namun hal itu tidak lagi. Seorang mahasiswa asal Jepang bernama Genichi Mitsuhashi telah mendapat gelar master ninja pertama di dunia. 

"Dua tahun yang memuaskan karena saya tinggal di sebuah desa pertanian dan pegunungan di Iga untuk belajar ninja, dan melakukan penelitian dengan cara saya sendiri," kata mahasiswa Mie University itu dilansir Ladbible.

Mie University sendiri terletak di Iga, sebuah kawasan yang berada di sekitar 350 km barat daya Tokyo. Tiga tahun lalu, universitas ini mendirikan Pusat Penelitian Ninja Internasional, yang merupakan juga satu-satunya dan pertama di dunia.

Bukan sekadar mempelajari sejarah dan teori beladiri, mahasiswa ilmu ninja juga harus menguasai dasar seni bela diri, pertempuran tradisional, dan keterampilan bertahan hidup. Maka Genichi pun mahir berjalan mengendap-endap hingga mendaki gunung dengan cepat layaknya ninja.

Pakar sejarah Jepang di Mie University, Yuji Yamada mengaku terkejut dengan kerja keras yang dilakukan Genichi. "Dia adalah model nyata bagi mahasiswa pascasarjana ninja," tuturnya.

Genichi sendiri mendapat gelar master setelah mengajukan tesis, yang membahas peran ninja dalam mengelola hutan gunung di wilayah Iga selama Periode Edo (1603-1867). Melalui tesis itu pula, ia berharap dapat menggunakan pengetahuan bagi lingkungan sekitar di masa yang akan datang.

"Saya ingin memainkan peran dalam menghubungkan penduduk lokal dengan wisatawan dan pengunjung lainnya. Saya harap saya dapat membantu merevitalisasi wilayah dan situs-situs terkait ninja dengan meminta orang-orang untuk bergabung dalam festival maupun tindakan lainnya," kata Genichi. (M-1)

Baca Juga

AFP/Noel Celis

A Thousand Cuts, Potret Buram Kebebasan Pers di Filipina

👤Fathurrozak 🕔Senin 10 Agustus 2020, 17:05 WIB
Dokumenter ini menyoroti kehidupan jurnalis Maria Ressa yang acap mengkritisi kebijakan Presiden Rodrigo...
AFP/KENA BETANCUR

Mengapa Karaoke tak Dipatenkan Penciptanya?

👤Abdillah Marzuqi 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:26 WIB
Karena tak dipatenkan, sang penemu kehilangan potensi royalti kurang lebih US$100 juta hanya pada tahun...
Dok. JFW 2021

Busana Adaptasi New Normal di JFW 2021

👤Galih Agus Saputra 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:00 WIB
Label Raegita Zoro mengadaptasikan new normal dengan baju yang lebih panjang dan lengkap dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya