Selasa 07 Juli 2020, 16:35 WIB

Pemeriksaan tak Akurat, Positif Covid-19 Riau Lolos ke Jakarta

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Pemeriksaan tak Akurat, Positif Covid-19 Riau Lolos ke Jakarta

Antara
Calon penumpang repatriasi bersiap menjalankan rapid test dimana menjadi prosedur yang harus dipenuhi penumpang pesawat di bandara udara.

 

SAMPAI Senin (6/7) di Provinsi Riau terdapat penambahan 1 kasus positif covid-19 yang ketahuan dari riwayat pasien melalui uji rapid test dan swab PCR saat mengurus syarat berpergian ke Jakarta. Pasien berinisial ES, 56, itu lolos berpergian ke ibukota Jakarta lewat jalur udara di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Selain itu, terdapat penambahan 4 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh dan penambahan 1 pasien  positif yang dinyatakan meninggal dunia. "Sehingga total saat ini sebanyak 235 kasus positif dengan 12 dirawat, 212 sembuh dan sudah dipulangkan, serta 11  meninggal dunia," kata juru bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dr. Indra Yovi di Pekanbaru, Selasa (7/7).

Yovi menjelaskan, pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat berjumlah 75 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.932 orang, dan PDP meninggal dunia berjumlah 192 orang. Total PDP berjumlah 2.199 orang. Kemudian ODP dalam pemantauan berjumlah 4.943 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 76.625 orang.

Yovi mengatakan, pasien ke 235 positif covid-19 di Riau adalah tuan ES, 56, warga Kabupaten Rokan Hulu. ES melakukan pemeriksaan rapid test pada 2 Juli 2020 di salah satu Rumah Sakit Swasta di Rokan Hulu untuk keperluan perjalanan ke Jakarta dengan hasil reatif. Kemudian ditetapkan sebagai PDP dan dilanjutkan dengan pengambilan swab pertama pada 3 Juli 2020. Selanjutnya pada 4 Juli 2020 di lanjutkan swab yang ke 2 di RSUD Rokan Hulu.

"ES sudah diedukasi untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sampai hasil swab keluar. Namun pada 5 Juli 2020, ES rupanya melakukan rapid test mandiri di Bandara SSK II Pekanbaru dengan hasil nonreatif sehingga ES bisa
melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Pada 6 Juli 2020 hasil swab ES dinyatakan positif. Saat ini ES berada di Jakarta dan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau sudah melakukan komunikasi dengan Gugus Tugas yang ada di Jakarta. Belum diketahui riwayat penularan covid-19 dari ES," papar Yovi.

Yovi mengungkapkan penambahan 4 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh, yaitu Ny. IC, 37, yang merupakan warga Kabupaten Kampar. Tn. BK, 22, yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir. Tn. AS, 28, yang merupakan warga Kota Pekanbaru. Ny. GS, 30, yang merupakan warga Kota Pekanbaru.

"Kabar duka ada penambahan 1 pasien covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia karena covid-19 yaitu tuan S, 61, yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hulu," jelas Yovi.

Ia menambahkan, sampai saat ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah memeriksa sampel swab sebanyak 12.763 spesimen. Pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan swab dengan prioritas terhadap PDP dan ODP.

"Meskipun PSBB sudah berakhir dan pemerintah menerapkan new normal  atau adaptasi kehidupan baru, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker bila keluar rumah dan di tempat kerja. Selalu
menjaga jarak (Physical Distancing). Dan sering mencuci tangan pakai sabun atau handsanitizer," ungkap Yovi. (OL-13)

Baca Juga: Sopir Truk Ekspedisi Keluhkan Wajib Rapid Test Dua Kali Seminggu

Baca Juga

MI/Panca Syurkani

Industri Bulu Mata dan Rambut Palsu Terdampak Covid-19

👤Lilik Darmawan 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 20:07 WIB
Pemesanan sudah mulai mengalami peningkatan jika dibandingkan pada awal-awal...
MI/Dwi Apriani

Besi Pembatas Jalan di Ampera Rusak, BBPJN Anggarkan Rp40 Juta

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 16:44 WIB
BBPJN Sumsel telah menganggarkan Rp40 juta  untuk memperbaiki 135 bollard atau besi pembatas Jembatan Ampera yang rusak dan...
Antara

Muarojambi Mulai Terbakar

👤Solmi 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 16:09 WIB
Hampir sepuluh hektare lahan di sekitar konsesi sebuah korporasi di Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Taman Rajo, terpanggang semenjak...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya