Selasa 07 Juli 2020, 15:54 WIB

DPR: Panja RUU PDP Tunggu Masukan Publik

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
DPR: Panja RUU PDP Tunggu Masukan Publik

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (tengah)

 

WAKIL Ketua DPR Sufmi Dasco mengatakan panitia kerja (Panja) RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) tengah menunggu masukan-masukan dari publik terkait penyusunan RUU tersebut. Selanjutnya, masukan-masukan tersebut akan disusun sebagai bagian dari daftar inventarisasi masalah (DIM) yang akan jadi pertimbangan dalam pembahasan.

"Kami sudah melakukan konfirmasi kepada panja, saat ini memang panja sedang membuka ruang bagi publik untuk memberikan masukan, sehingga masukan-masukan itu juga menjadi DIM sendiri yang akan menjadi kekayaan DIM dalam RUU itu," ujar Dasco di gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/7).

Nantinya, imbuh Dasco, sama seperti masukan dari setiap fraksi, masukan dari masyarakat juga akan menjadi bagian dari pembahasan.

"Karena masukan dari masyarakat ini penting. Jadi memang di era DPR ini masukan dari masyarakat menjadi prioritas kami untuk kemudian dijadikan DIM," tutur Dasco.

Baca juga: Serius Bahas RUU PDP, DPR Targetkan Tuntas September

Dasco mengatakan, saat ini proses RUU PDP sudah sesuai dengan mekanisme yang ada. Setelah sebelumnya pemerintah menyerahkan surat presiden ke DPR pada Januari 2020, Komisi I DPR kemudian melakukan rapat dengar pendapat.

"Dari informasi yang kami dengar mudah-mudahan tidak sampai akhir tahun RUU ini bisa diselesaikan," ungkapnya.

Sejauh ini, dari 9 Fraksi di DPR baru Fraksi NasDem yang telah menyerahkan DIM. Sementara fraksi lain mengatakan masih memproses pembuatan DIM.

"Kebutuhan akan RUU PDP sangat penting untuk melindungi data pribadi di era saat ini," kata anggota Komisi I Fraksi NasDem, Willy Aditya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Moh Irfan

MAKI Ungkap Sosok 4 Saksi Kasus Surat Jalan Palsu Joko Tjandra

👤Yakub Pryatama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:41 WIB
Keempat saksi tersebut Tommy Sumardi yang diduga meminta bantuan Prasetijo untuk dikenalkan ke pejabat Divhubinter, lalu Vlady, Rahmat dan...
Antara

Pembentukan Lembaga Pengawas Independen Masti Masuk RUU PDP

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:13 WIB
Lembaga atau otoritas pengawas independen dalam RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) dinilai sebagai hal yang tidak bisa...
DOK DPR RI

RUU Ciptaker Dapat Melemahkan Peran KPI

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:00 WIB
RUU Ciptaker yang memasukkan kandungan revisi UU Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran berpotensi melemahkan peran Komisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya