Selasa 07 Juli 2020, 15:47 WIB

Wong Cilik Paling Cemas Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Pokok

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Wong Cilik Paling Cemas Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Pokok

ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Warga menerima bansos covid-19

 

SELAMA pandemi, ternyata sebanyak 84,2% masyarakat mengaku khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan pokoknya selama pandemi covid-19. Hal itu berdasarkan Hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang menyasar ke warga yang berada di zona merah.

Peneliti LSI Adrian Sopa menjelaskan, warga yang berpenghasilan rendah atau disebut wong cilik mengaku paling cemas tidak bisa penuhi kebutuhan pokok sehari-hari karena mengalami gangguan ekonomi.

"Presentase masyarakat yang berpenghasilan dibawah Rp1,5 juta paling khawatir dengan mencapai 89,6% dan yang tidak khawatir ada 9,8%," jelas Adrian dalam webinar 'Kecamasan Publik di Zona Merah', Jakarta, Selasa (7/7).

Sementara, masyarakat yang berpenghasilan dari Rp1,5 - Rp3 juta menyatakan 87,4% khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi dan 11,6% tidak khawatir.

Lalu, warga yang bepenghasilan Rp 3- Rp4,5 juta yang mengaku cemas soal kebutuhan pokok mencapai 81,9% dan yang tidak cemas ada 17,6%. Sedangkan warga yang berpenghasilan tinggi diatas Rp4,5 yang mengaku khawatir ada 67,7%.

Adrian mengatakan, hasil survei tersebut diikuti 8000 orang yang tersebar di delapan provinsi. Yakni, di DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Bali.

Adapun metode sampling yang digunakan ialah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data ialah wawancara tatap muka dengan kuisioner, margin error 2,05%. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Irsan Mulyadi

Geopark Ijen Diusulkan Jadi Bagian Jaringan Dunia

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 18:53 WIB
Surat usulan pun telah dikirimkan ke Sekretariat International Geoscience and Geoparks Programme (IGGP) UNESCO di Paris,...
MI/Susanto

Satgas Covid-19: Rapid Test Tetap Dilakukan untuk Screening

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 18:40 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengungkapkan penggunaan rapid test tetap harus dilakukan untuk...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Zona Merah Covid-19 Terus Berkurang, Tersisa 33 Wilayah

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 18:10 WIB
Jumlah tersebut sudah menurun dari pantauan pekan sebelumnya yang kala itu masih mencapai 44...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya