Selasa 07 Juli 2020, 15:07 WIB

Terkait Jiwasraya, Sinarmas AM Kembalikan Uang Rp74 ke Negara

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Terkait Jiwasraya, Sinarmas AM Kembalikan Uang Rp74 ke Negara

Antara
Ilustrasi Jiwasraya

 

MANAJEMEN PT Sinarmas Asset Management (SAM) secara sukarela mengembalikan dana management fee yang telah diterima oleh perseroan selaku manajer investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sejumlah Rp3 miliar dengan menggunakan dana korporasi sendiri. 

Demikian yang disampaikan Kuasa Hukum SAM, Hotman Paris Hutapea melalui keterangan persnya yang diterima Media Indonesia, Selasa (7/7). SAM juga mengembalikan dana kelolaan sebesar Rp74 miliar kepada negara guna membantu mengurangi kerugian Jiwasraya.

Baca juga: DPR: Pergantian Pemimpin OJK dan BI Harus Perhatikan UU

“Sinar Mas Asset Management selalu mengedepankan regulasi dan mengikuti ketentuan hukum dengan mengambil inisiatif pada tanggal 9 Maret 2020 yang lalu," ujar Hotman Paris.

Pihaknya menyatakan SAM selaku lembaga keuangan yang terdaftar pada, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengikuti seluruh proses hukum yang tengah dilakukan Kejaksaan Agung maupun lembaga atau instansi pemerintah lainnya.  

Pada awalnya dana kelolaan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) adalah Rp100 miliar, yang kemudian telah ditarik oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) sebesar Rp23 Miliar. Selanjutnya, sisa Rp77 miliar telah dikenakan  pemblokiran dan sita oleh pihak Kejaksaan Agung, sehingga sampai saat ini SAM tidak menyimpan atau menguasai lagi dana kelolaan saham yang dibeli PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). 

Hotman Paris menyampaikan bahwa sejak awal manajemen SAM selalu berusaha berkomunikasi dengan manajemen PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk segera menarik kembali sisa dana kelolaan yang ada di SAM, namun tidak mendapatkan respons memadai, hingga akhirnya sisa dana kelolaan tersebut diblokir oleh pihak Kejaksaan Agung. 

Baca juga: Aktivitas Penerbangan di Soetta Meningkat Capai 355 Slot Per Hari

Respons positif dan kooperatif SAM dalam penyelidikan, mendapatkan apreasiasi dari pihak Kejaksaan Agung. 

“Kami menyampaikan apresiasi kami kepada manajemen PT. Sinarmas Asset Management yang telah sangat kooperatif mendukung kami dalam penyelidikan kasus dugaan korupsi PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)”, ujar Febrie Adriansyah, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Jampidsus Kejagung). (RO/OL-6)
 

Baca Juga

Dok. Polygon

Polygon Lengkapi Seri E-Bike Lewat Gili Velo

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 18:13 WIB
Polygon Bikes pun memiliki sejumlah lini sepeda yang masuk dalam e-bike, seperti Path E, Entiat E, dan Sage...
ANTARA

Potensi Sentimen Positif dari UU Cipta Kerja

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:14 WIB
Di kuartal IV, diprediksi tren pemulihan ini masih berpotensi terjadi, didukung oleh akselerasi penyerapan anggaran penanganan pandemi...
ANTARA/Nova Wahyudi

Faktor Eksternal Pengaruhi Rupiah Menguat

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:59 WIB
Kesenjangan antara Partai Republik dan Partai Demokrat telah berkurang setelah Presiden AS Donald Trump mengindikasikan bahwa ia bersedia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya