Selasa 07 Juli 2020, 09:56 WIB

Cegah Karhtutla, Jumlah Polisi Hutan di Babel Belum Ideal

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Cegah Karhtutla, Jumlah Polisi Hutan di Babel Belum Ideal

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Polisi Hutan sedang mengawasi kebakaran hutan dan lahan

 

KEBERADAAN polisi hutan (Polhut) untuk mencegaj kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Bangka Belitung belum ideal. Kepala bidang Perlindungan Konservasi Sumber daya Alam dan Ekosistem Dinas Kehutanan Provinsi Babel, Jon Saragih mengatakan luas kawasan hutan di Babel ada 650 hektare, terdiri dari hurtan lindung, hutan produksi dan hutan konservasi.

Dengan luas hutan yang mencapai 650 ribu hektar ini, menurutnya, Babel merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi terjadinya karhutla. Kawasan yang paling rawan terjadi karhutla ada di Kabupaten Bangka Barat.

"Setiap tahun ada karhutla tapi tidak seluas di daerah Sumatra. Tapi karhutla ini harus dicegah dan diwaspadai. Dan kita tidak bisa mengandalkan polhut yang jumlahnya hanya ada 15 orang," kata Jon, Selasa (7/7).

baca juga: Daerah Perkuat Sistem Pencegahan Karhutla

Untuk mencegah karhulta, Dinas Kehutanan Provinsi Babel merekrut petugas pengamanan hutan yang akan membantu polisi hutan dalam mencegah karhutla. 

"Kita akan tetap optimlakan penjagaan hutan dan kebakaran ini. Selain Polhut, Pamhut, Kesatuan Pengeloaan Hutan (KPH) dan Kelompok Tani Hutan (KTH) juga memiliki andil menjaga hutan. Apalagi KTH telah diberi izin untuk mengelola kawasan hutan," terangnya. (OL-3)

Baca Juga

Ilustrasi

10 Napi Tahanan Kejari Denpasar Positif Covid-19

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 21:05 WIB
Eka Widanta juga mengatakan, selama masa pandemi dengan persidangan sistim online diakui sedikit mengalami perubahan bagi tahanan jaksa...
MI/Kristiadi

Dua Anggota DPRD Positif Korona, Gedung DPRD Garut Tutup 14 Hari

👤Kristiadi 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 20:54 WIB
Namun, untuk sekarang ini pelayanan di Gedung DPRD telah ditutup sementara selama 14 hari ke...
DOK MI

1,29 Juta Pekerja di Jatim Didaftarkan Dapat Bantuan Rp600 Ribu

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 20:46 WIB
Pekerja yang mendapatkan bantuan pemerintah ini harus memenuhi beberapa persyaratan. Mereka yang menerima bantuan adalah pekerja formal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya