Selasa 07 Juli 2020, 09:35 WIB

Gempa 6,1, BMKG : Slab Lempeng Indo-Australia di Laut Jawa Putus

Zubaedah Hanum | Humaniora
Gempa 6,1, BMKG : Slab Lempeng Indo-Australia di Laut Jawa Putus

MI
Infografis

 

GEMPA tektonik berkekuatan 6,1 menguncang wilayah laut Jawa sekitar pukul 05.54 WIB, Selasa (7/7) pagi. Getaran akibat gempa dirasakan cukup luas di sejumlah daerah karena slab lempeng Indo-Australia yang berada di dalam Laut Jawa putus.

Hal itu diutarakan oleh Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono dalam unggahannya di akun Instagram miliknya, Selasa (7/7) pagi.

"Deep focus earthquake. Slab lempeng Indo-Australia yang menukik di bawah laut Jawa sudah menggantung, kemudian putus karena tarikan gaya gravitasi atau roll back slab," cuitnya.

Baca juga : Deformasi Lempeng di Laut Jawa Picu Gempa Magnetudo 6,1

Baca juga : Gempa 6,1 SR Guncang Jepara Jateng

Dari catatan BMKG, episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,77 LS dan 110,64 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 km arah Utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah pada kedalaman 539 kilometer.

"Karena dalam sekali hiposenternya maka spektrum guncangannya dirasakan dalam wilayah yang luas," ungkap Daryono.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Karangkates, Nganjuk, Yogyakarta, Purworejo, Kuta dan Mataram III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu),
Di Denpasar, Malang, Lumajang, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Surabaya, Wonogiri dan Kebumen guncangannya mencapai II-III MMI. Getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan truk berlalu.

Sementara di Banjarnegara, Pangandaran, Karangasem, Lombok Barat , Garut, Boyolali, Krui, Sekincau, Semaka, Pekalongan, Banyumas, wonosobo, Magelang, Purbalingga dan Gianyar, getaran yang terasa berskala II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. (H-2)

Baca juga : Warga Jepara tidak Merasakan Gempa

Baca Juga

Ist

PTI Beri Pelatihan Wirausaha Kuliner kepada Sahabat Disabilitas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:58 WIB
Berkolaborasi dengan  sekolah Highscope Bintaro, pelatihan ini diadakan antara lain untuk menjadi bagian dalam mengatasi kondisi...
Dok Kemendikbud

Bersama Hadapi Korona, Bersama Bangkitkan Bangsa

👤S2-25 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:21 WIB
Meski dalam kondisi situasi pandemi, visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan...
Instagram/NIKIZEFANYA

Niki Rekaman Single tanpa Metronom

👤MI 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 04:40 WIB
PENYANYI Niki 21, melakukan sekali rekaman untuk single Lose yang dirilis pada Kamis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya