Selasa 07 Juli 2020, 08:40 WIB

Percepat Verifikasi, Kaltim Luncurkan Bansos Online

Rudi Agung | Nusantara
Percepat Verifikasi, Kaltim Luncurkan Bansos Online

MI/Rudi Agung
Pj Sekda Provinsi Kalimantan Timur Sa'bani

 

PEMERINTAH Provinsi Kaltim meluncurkan sistem informasi online dan alur proses pemberian dana bantuan sosial. Sistem ini untuk mempermudah pengajuan permohonan dana hibah dan bansos. Sistem baru ini secara resmi diluncurkan Pemprov Kaltim, Senin (6/7). 

Sistem ini digagas Biro Kesejahteraan Sosial Setda Kaltim. 

"Mudah-mudahan dengan adanya sistem ini pendataan dan penyaluran bisa lebih transparan dan tertib," ujar Pj Sekda Provinsi Kalimantan Tmur, Sa'bani. 

Sistem online bansos ini bisa diakses melalui website resmi https://hibahbansos.kaltimprov.go.id/. Inovasi ini digunakan untuk mewujudkan transparansi dana hibah dan bansos, agar semua pihak bisa memonitoring.

"Inovasi ini bukan hanya untuk tranparan danakuntabel. Tapi juga sangat baik untuk mempermudah pengajuan permohonan dana hibah dan bansos," lanjutnya.

Hal ini seiring pula dengan laju perkembangan teknologi informasi dan digital. 

"Pelan-pelan aktivitas manualakan berkurang dan pemanfaatan teknologi informasi ini bisa memudahkan pelayanan," kata Sa'bani.

Sa'bani juga mengingatkan pentingnya laporan penggunaan dana bansos yang transparan dan bisa dimonitoring oleh publik sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik. Di masa mendatang aplikasi tersebut bisa melakukan penyortiran otomatis sekaligus mendeteksi pemenuhan syarat layak dan tidaknya diberikan dana bantuan sosial untuk warga.

baca juga: Birokrasi Pemprov Bali Mulai Bergerak ke Digitalisasi

Hal ini akan memudahkan petugas melakukan proses verifikasi yang selama ini terlalu panjang dan rumit. Apalagi permintaan dana bansos tetap harus memenuhi persyaratan dan bisa tertolak bila persyaratan tidak terpenuhi. 

"Hibah dan bansos ini kan ada aturannya, tidak semua warga bisa mendapatkan," jelas Sa'bani. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Riau Segera Terbitkan Perda Penegakan Hukum Protokol Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:53 WIB
Rencana untuk mengeluarkan Perda penegakan hukum protokol kesehatan di Riau telah disetujui oleh DPRD. Dalam waku dekat aturan ini akan...
ANTARA

Jatim Uji Coba KBM Tatap Muka Pada 18 Agustus

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:21 WIB
Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka. Diantaranya harus mendapat persetujuan dari gugus...
ANTARA/Umarul Faruq

Jatim Masukkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Dalam Perda

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:06 WIB
Perubahan Perda tersebut akan menjadi payung hukum bagi peraturan bupati dan wali kota dalam rangka penyelenggaraan ketentraman dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya