Selasa 07 Juli 2020, 06:25 WIB

Ekspor Hasil Pertanian Jalan Terus

(RF/N-2) | Nusantara
Ekspor Hasil Pertanian Jalan Terus

(Rendy Ferdiansyah)
babel ekspor perdana 12 ton lidi nipah ke nepal.

 

TEKANAN berat wabah covid-19 tidak memperlambat laju ekspor hasil pertanian dari Bangka Belitung. Seperti dituturkan Kepala Karantina Pertanian Pangkalpinang, Saifudin Zuhri, daerah itu masih terus mengekspor lada, karet, dan produk olahan sawit.

Kemarin, satu komoditas lain juga dilepas dari Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, yakni lidi nipah. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sengaja datang ke provinsi ini untuk menyaksikan ekspor perdana itu.

"Lidi nipah ialah produk samping pohon nipah. Para perajinnya dibina Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung," tambah Saifudin.

Ekspor perdana dikirim ke Nepal. Daerah ini kaya dengan potensi itu karena ribuan pohon nipah tumbuh di sepanjang sungai, pantai, dan rawa-rawa. Dengan terbukanya pasar ekspor, lidi nipah akan menjadi alternatif pendapatan baru masyarakat.

Selain lidi nipah sebanyak 12 ton dengan nilai Rp108 juta, Bangka Belitung juga mengeks por 45 ton lada senilai Rp2,5 miliar ke Jepang, kemarin. "Selama Januari-Juli, ekspor lada sudah mencapai 1.075 ton, karet 7.922 ton, dan turunan olahan sawit 34.700 ton," sambung Saifudin.

Masih di Bangka Belitung, Polda Bangka Belitung memusnahkann 3,8 ton daging beku ilegal yang diimpor dari Australia. "Pemusnahan ini sebagai efek jera kepada pelaku yang mencoba menyelundupkannya," kata Komisaris Andi Purwanto, pejabat Direktorat Reserse Kriminal Khusus.

Selain menyita daging sapi beku, penyidik juga menangkap D, pengusaha yang mendatangkan komoditas itu secara ilegal. "Dia terancam hukuman empat tahun penjara," lanjut Andi Purwanto. (RF/N-2)

Baca Juga

DOK MI

ABY-HJT Janjikan Bawa Klaten Jadi yang Terbaik

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:40 WIB
Pasangan ABY-HJT diusung koalisi Partai NasDem, PAN, PKB, dan PPP, serta didukung lima partai nonparlemen, yaitu Hanura, Perindo, Berkarya...
DOK.MI

Kasus Positif Covid-19 di Sumut Alami Penurunan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:34 WIB
Selasa (4/8), Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi memanggil pimpinan dari tiga daerah yaitu Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang,...
MI/PALCE AMALO

Kota Kupang Belum Terapkan Kurikulum Darurat

👤Palce Amalo 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:00 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Dumul Djami mengatakan kurikum darurat masih akan dikaji bersama para kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya