Selasa 07 Juli 2020, 06:10 WIB

Daerah Perkuat Sistem Pencegahan Karhutla

(SL/DW/RF/UL/N-3) | Nusantara
Daerah Perkuat Sistem Pencegahan Karhutla

solmi jambi
APP Sinar Mas Perkuat Sistem Pencegahan Karhutla

 

PERUSAHAAN Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui unit usaha PT Wirakarya Sakti (WKS) memperkuat sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terintegrasi (integrated fi re management/IFM) dalam menghadapi kemarau 2020.

"Untuk mencegah kemungkinan munculnya api, APP Sinar Mas bekerja sama dengan TNI-Polri, pemerintah daerah, dan tokoh masyarakat menjalankan fire prevention project yang mencakup penambahan pos pencegahan pada beberapa titik rawan," kata GM Fire Management APP Sinar Mas, Sujika Lusaka, seusai apel siaga dan pelatihan bersama pencegahan karhutla di Distrik VII, Desa Rantau Karya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, kemarin.

Sejalan, lanjut Sujika, pihaknya juga mengedukasi masyarakat agar tidak membuka area pertanian dengan membakar. Selain itu, masyarakat juga dilibatkan dalam mitigasi api melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), sembari tetap menekan risiko penularan covid-19 di rantai operasi.

Terpisah, karena termasuk daerah sangat rentan terjadi karhutla, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir memperketat pengawasan di lima kecamatan, yakni Cengal, Tulung Selapan, Pangpangan, Pedamaran, dan Mesuji. Wakil Bupati OKI, Djafar Shodiq, mengatakan pihaknya sudah membentuk satuan tugas (satgas) karhutla di lima kecamatan itu.

"Ini bagian dari upaya pencegahan karhutla, kami awali dengan membentuk satgas hingga di tingkat desa," kata Djafar, kemarin. Dia melanjutkan, karhutla yang terjadi tahun lalu, sebagian berasal dari konsesi perusahaan.

Oleh karena itu, pihaknya pun menegaskan agar perusahaan perkebunan maupun hutan tanaman industri (HTI) di daerah itu supaya menjaga lahan mereka agar tidak kembali terbakar.

Di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menegaskan peran satgas akan dioptimalkan untuk mencegah karhutla. Kepala BPBD Provinsi Babel, Mikron Antariksa, mengatakan karhutla di Babel saat ini belum begitu tinggi. (SL/DW/RF/UL/N-3)

Baca Juga

MI/Reza Sunarya

Mayat Dalam Mobil Ternyata Pelaku Perampokan

👤Reza Sunarya 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:55 WIB
Warga Kampung Cikopak, Desa Mulyamekar, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat digegerkan dengan ditemukannya sesosok...
Antara/Asep Fathulrahman

Agam Surplus Beras di Tengah Pandemi Covid-19

👤Yose Hendra 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:50 WIB
Pandemi covid-19 ternyata tidak memengaruhi produksi beras petani di Kabupaten Agam. dalam tiga bulan terakhir, Kabupaten Agam justru...
Antara

Diduga Kencing di Jalan, Truk BBM Pertamina Terbakar

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:35 WIB
SEBELUM terbakar, diduga truk tangki tersebut kencing atau memindahkan BBM ke angkutan lain secara ilegal, di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya