Selasa 07 Juli 2020, 06:03 WIB

Wagub Kaltim Minta Warga Jaga Persatuan Jelang Pilkada Serentak

Rudi Agung | Nusantara
Wagub Kaltim Minta Warga Jaga Persatuan Jelang Pilkada Serentak

Medcom.id
Ilustrasi Pilkada 2020

 

WAKIL Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi meminta seluruh elemen masyarakat di Kaltim, untuk menjaga persatuan dan kedamaian menjelang Pilkada Serentak Desember 2020. Ia mengingatkan perbedaan pilihan politik dan kandidat yang bakal bertarung jangan sampai merusak kesatuan dan persatuan.

Hadi juga meminta pelbagai pihakuntuk berpartisipasi mensukseskan Pilkada. Ia juga berharap Forum KerukunanUmat Beragama (FKUB) Kaltim bisa ikut berperan menjaga kedamaian daerah,sehingga proses Pilkada berjalan kondusif.

"Kita harap FKUB Provinsi Kaltim dan kabupaten/kota dapat mensosialisasikan dan memberikan pembelajarankepada masyarakat," jelasnya, Senin, (6/7). 

Untuk Pilkada 2020, dari 10 kota/kabupaten di Kaltim hanya Kabupaten Penajam Paser Utara yang tidak melakukan gelaran pesta demokrasi ini. Sebab, kabupaten tersebut sebelumnya telah menghelat lebih dulu dalam Pilkada 2018. Sedangkan sembilan daerah yang menggelar Pilkada, yakni Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Paser, Berau, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Dengan demikian, sambung Hadi, nyaris seluruh kota/kabupaten di Kaltim akan menghelat serentak. Hal ini bisa memicu potensi kerawanan perselelisihan antar pendukung. Untuk itu ia mengingatkan dalam menyongsong pilkada serentak, situasi dan kondisi Kaltim harus tetap terjagakeamanan dan ketertiban masyarakatnya. Ia mengingatkan salah satu potensi konflikyang perlu diwaspadai terkait isu Sara. 

"Karenanya seluruh komponen masyarakat harus terlibat menjaga kedamaian dan ketertiban, tidak terkecuali peran dan partisipasi para tokoh agama dan masyarakat," ujar Hadi. 

Ia mengatakan giat sosialisasi yang dilakukan FKUB Kaltim dan para tokoh agama serta masyarajat di Kaltim menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menjaga keamanan. 

baca juga: Rekapitulasi Elektronik Paling Efektif

"Sekaligus memberi pendidikan politik terutama kesadaranmasyarakat dalam menyalurkan hak pilih mereka di ajang Pilakda," jelasnya.

Ketua FKUB Kaltim Asmuni Alie, memastikan FKUB Kaltim dan pengurus FKUB di kota/kabupaten akan selalu berupaya berpartisipasi menjaga keamanan daerah masing-masing hingga Pilkada selesai. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI

Perawat Pasien Covid-19 di RSUD Nagan Raya Tuntut Kejelasan Upah

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 01:58 WIB
Salah satu penyebab aksi protes terkait upah yang dituntut sebesar Rp7,5 juta per bulan sesuai dengan Permenkes terkait upah/gaji perawat...
DOK MI

Pejabat Positif Covid, Pegawai Dinkes Aceh Besar Jalani Swab Test

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 01:47 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Besar terus merupaya memutus mata rantai penyebaran virus...
MI/Akhmad Safuan

Bupati Pemalang dan Dua Pejabat Sembuh dari Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 00:53 WIB
Junaedi melanjutkan dirinya sudah melakukan aktivitas seperti biasa. Ia mengaku segar bugar seperti pada saat dirawat di rumah sakit karena...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya