Selasa 07 Juli 2020, 05:48 WIB

Empat WNA di Balikpapan Terinfeksi Covid-19

Rudi Agung | Nusantara
 Empat WNA di Balikpapan Terinfeksi Covid-19

MI/Rudi Agung
Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan,Andi Sri Juliarty

 

PEMERINTAH Kota Balikpapan mengungkapkan ada empat warga negara asing yang terinfeksi covid-19. Dari empat pasien,dua di antaranya dinyatakan sembuh dan telah meninggalkan rumah sakit. 

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan,Andi Sri Juliarty memaparkan empat WNA itu dua di antaranya berasal dari Korea Selatan, satu WN Inggris, dan satunya Pakistan. Namun, ia tidak menyebut dimana mereka dirawat. Andi hanya mengatakan soal pembiayaan perawatan pasien. Menurutnya seluruh biaya ditanggung Kementerian Kesehatan. 

"Untuk pembiayaannya dari Kemenkes yang menanggung. Semuanya diklaimke Kemenkes," ujarnya.

Ia mengingatkan seluruh tempat fasilitas kesehatan di Balikpapan, sesuai ketentuan yang berlaku wajib melaporkan ke Dinas Kesehatan jika ditemukan kasus baru positif  paling lambat dua jam setelah penemuan. 

Andi mencontohkan seperti enam kasus baru dari klaster alat berat, yang terkonfirmasi hasil uji swab yang dilakukan rumah sakit Siloam.

"Jadi rumah sakit Siloam melaporkan enam pasien yang terkonfirmasi positif, lalu tim surveilans kami menindaklanjuti," jelasnya.

Bentuk tindak lanjut yang dilakukan, pihaknya segera menghubungi pasien terkait dan memastikan semuanya masuk rumah sakit untuk menjalani perawatan dan isolasi. Pihaknya sampai kini masih terus melacak siapa saja yang telah kontak dengan 4 WNA tersebut. Dalam penularan covid-19, Balikpapan memiliki puluhan klaster Covid-19. Namun sebagian sudah sembuh.

"Klaster kita sudah 30 lebih. Dua klaster awal dari Bogor yaitu Seminar Riba dan Sinode. Lalu klaster Gereja HKBP, klaster Gowa, Jepang, Magetan,dan klaster Kampung Baru. Semua telah selesai dan pasien telah sembuh."

baca juga: Pemkab Tuban Waspadai Munculnya Klaster Baru

Ia menambahkan sejak penerbangan komersil kembali dibuka selama beberapa pekan belakangan muncul klaster migas dan tambang. Banyak pekerja dari luar Kaltim yang datang melalui bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Klaster migas muncul di klaster 21 ke belakang. Klaster migas masuk dalam klaster tambang. Namun di dalam klaster itu ada pembagian klaster-klaster. Termasuk  klaster baru karyawan proyek Refinery Development Master Plan atau perluasan kilang minyak Balikpapan. Klaster ini, baru terbentuk.

"Ada 82 kasus Covid-19 dari klaster migas dan tambang," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA

Jatim Uji Coba KBM Tatap Muka Pada 18 Agustus

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:21 WIB
Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka. Diantaranya harus mendapat persetujuan dari gugus...
ANTARA/Umarul Faruq

Jatim Masukkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Dalam Perda

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:06 WIB
Perubahan Perda tersebut akan menjadi payung hukum bagi peraturan bupati dan wali kota dalam rangka penyelenggaraan ketentraman dan...
ANTARA

Antisipasi Karhutla, TN Matalawa Bangun 12 Posko

👤Palce Amalo 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 00:54 WIB
Posko-posko tersebut dibangun di desa-desa yang mengelilingi taman nasional yang meliputi tiga wilayah kabupaten yakni Sumba Timur,...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya