Selasa 07 Juli 2020, 05:45 WIB

Komisi IX Minta Kalung Antivirus Diteliti Lebih Lanjut

Atalya Puspa | Humaniora
Komisi IX Minta Kalung Antivirus Diteliti Lebih Lanjut

Medcom.id/Ilham Wibowo
Kalung antivirus korona

 

ANGGOTA Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai PAN Saleh Partaonan Daulay menilai kalung antivirus covid-19 yang ditemukan Kementerian Pertanian masih perlu diteliti lebih lanjut sebelum diproduksi secara massal.

“Menurut saya, temuan itu masih perlu didalami lagi. Kementan harus melibatkan lembaga riset lain. Orang-orang belum yakin atas temuan itu. Jika banyak yang belum yakin, tentu belum tepat jika diproduksi massal," kata Saleh dalam keterangan resmi, Selasa (7/7).

Pasalnya, menurut Saleh, kalung antivirus covid-19 tersebut sampai sejauh ini disinyalir belum dapat dipastikan keampuhannya. Ada banyak peneliti dan lembaga penelitian yang masih meragukan temuan tersebut.

Baca juga: DPR Minta Produksi Massal Kalung Antivirus Dikaji Ulang

“Saya sudah melihat dua contoh produknya. Saya diberi oleh teman. Bentuknya roll on dan balsem. Saya sudah coba dua-duanya. Modelnya seperti obat gosok. Kalau digosokkan ke leher atau kulit, rasanya sedikit panas. Baunya seperti minyak kayu putih," beber Saleh.

Namun, lagi-lagi belum ada pembuktian konkret bahwa kalung tersebut dapat menjadi antivirus. Terlebih, saat ini, belum ada antivirus maupun obat spesifik yang terbukti dapat menyembuhkan covid-19.

“Kalau benar, ini bisa menjadi temuan besar. Sebaliknya jika tidak benar, takutnya nanti kita diolok-olok orang. Makanya, sekali lagi, sebelum produksi massal, pastikan dan uji kembali. Libatkan sebanyak mungkin para ahli. Terutama mereka yang nyata-nyata masih meragukan," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Ampelsa

Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Ini Potensi Penyebabnya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 23:59 WIB
Diantaranya penanganan yang terlambat, penderita penyakit tidak menular hingga kesediaan fasilitas...
Dok. Yayasan Del

Lawan Covid-19, Yayasan Del Donasikan Ventilator di Sumut dan DKI

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 23:55 WIB
Yayasan Del yang berpusat di Jakarta dan memiliki unit afiliasi di Laguboti, Toba, Sumatera Utara, mendonasikan 5 unit ventilator bagi...
Antara

Dorong Model Pendidikan Partisipatif dan Memerdekakan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 22:32 WIB
POP dan PGP yang digagas Kemdikbud dinilai menjadi bagian dari inisiasi untuk menciptakan pendidikan yang selaras dan sesuai kebutuhan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya