Selasa 07 Juli 2020, 04:25 WIB

Siapkan Strategi Baru Kendalikan Covid-19

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Siapkan Strategi Baru Kendalikan Covid-19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19/Tim Riset MI-NRC
Provinsi dengan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi

 

PREDIKSI bahwa penambahan kasus positif covid-19 di Indonesia bakal mencapai puncak pada akhir Juni 2020 ternyata meleset. Faktanya, pasien positif covid-19 secara nasional terus bertambah. Hingga kemarin, jumlah pasien covid-19 telah mencapai 64.958 orang.

Pemerintah pun didorong untuk melakukan evaluasi pola penanganan dan pengendalian pandemi. Evaluasi itu diharapkan menghasilkan pegangan dalam membuat strategi baru dalam mengendalikan sebaran virus korona di Tanah Air.

“Yang kita perlukan saat ini adalah langkah sistematis mengendalikan penyebaran covid-19 sebelum vaksin korona ditemukan dan bisa diaplikasikan. Prediksi puncak penyebaran covid-19 yang meleset menunjukkan perlunya strategi baru guna menyikapi kondisi di luar prediksi ini,” kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Pada awal April lalu, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan prediksi berdasarkan kajian Badan Intelijen Negara (BIN) bahwa puncak kasus positif covid-19 akan terjadi akhir Juni 2020. Prediksi itu, menurut Rerie--sapaan akrab Lestari, telah meleset. Sejumlah provinsi yang sudah melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga mulai mencatatkan peningkatan kasus. Di Jawa Barat, misalnya, wilayah yang semula berstatus biru mulai menguning karena ada penularan kembali.

“Strategi pengendalian saat ini belum efektif. Di satu sisi diperkuat testing, tracing, dan isolasi, di sisi lain diterapkan pelonggaran pembatasan sosial, tanpa diikuti terbentuknya kesadaran kolektif masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi.”

Kerumunan orang pun terus terjadi di area publik, seperti di stasiun kereta api, area hari bebas kendaraan bermotor, pasar, dan mal pascapelonggaran PSBB di sejumlah daerah. Menurut Rerie, tidak terkendalinya penyebaran covid-19 akan menambah ketidakpastian, tak hanya di sektor kesehatan, tapi juga ekonomi.

Kuatkan disiplin

Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan penambahan kasus pasien positif kemarin mencapai 1.209 orang. Dengan demikian, secara total jumlahnya mencapai 64.958 kasus.

Yurianto menyampaikan bahwa kurangnya disiplin menjadi indikasi atas terus bertambahnya kasus penularan. Ia menekankan bahwa disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan harus dikuatkan oleh semua pihak.

Pada bagian lain, antrean pengguna KRL di sejumlah stasiun kereta, kemarin, dilaporkan sempat memanjang. Di Stasiun Bogor, para calon pengguna KRL sudah mengantre hingga halaman parkir stasiun sejak 05.30 WIB. Begitu pula pantauan di Stasiun Cilebut, Bojong Gede, Bekasi, dan Rangkasbitung.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menilai antrean panjang penumpang KRL di Stasiun Bogor kemarin pagi akibat Jakarta belum maksimal mengatur jam kerja.

Terkait terjadinya antrean itu, VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba juga mengharapkan kerja sama berbagai pihak untuk menerapkan pengaturan kerja karyawan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No. 8 Tahun 2020 tentang pengaturan jam kerja sehingga mobilitas pengguna KRL dapat tersebar.

Di berbagai daerah, penambahan jumlah kasus positif covid-19 juga masih terus terjadi. Kasus positif di Kota Sorong, Papua Barat, kemarin, misalnya, bertambah 98 orang. Selain itu, status Kabupaten Ciamis dalam penanganan korona dilaporkan kembali menjadi zona kuning. Beberapa daerah seperti Sumatra Selatan, Pematang Siantar, dan Klaten juga memiliki kecenderungan yang sama. (Put/Ssr/DW/AD/AP/JS/MS/AA/Hym/X-6)

Baca Juga

MI/Francisco Carolio

Irjen Napoleon Bakal Diperiksa Sebagai Tersangka

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 17:28 WIB
Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri berencana akan kembali memeriksa Irjen Napoleon sebagai...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

ICW Desak Kasus Jaksa Pinangki Ditelusuri Hingga ke MA

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 17:00 WIB
Muncul dugaan bahwa Pinangki memiliki relasi dengan oknum di Mahkamah Agung, sehingga bisa menjanjikan memberikan bantuan berupa fatwa bagi...
Istimewa

Deklarasi KAMI Bukan untuk Membuat Kisruh

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 16:30 WIB
SEJUMLAH tokoh akan mendeklarasikan berdirinya Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Gerakan  moral ini untuk mengembangkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya