Selasa 07 Juli 2020, 02:05 WIB

Angka Upah Minimum Sumut Diperkirakan akan Turun

Yoseph Pencawan | Nusantara
Angka Upah Minimum Sumut Diperkirakan akan Turun

ANTARA
Gubernur Sumut Edy Rahyamadi

 


ANGKA upah minimum di Sumatera Utara (Sumut) diprediksi akan mengalami penurunan pada tahun depan akibat terjadinya pandemi Covid-19 pada tahun ini. Sepanjang tahun ini kondisi akan lebih sulit yang mana pertumbuhan ekonomi akan berada di bawah pencapaian tahun lalu. Tahun lalu pertumbuhan ekonomi Sumut mencapai 5,22 persen, tetapi pada tahun ini diperkirakan hanya akan berada di kisaran 3 persen.

"Pakar ekonomi kita hanya menjamin sampai akhir tahun hanya 2,55 persen. Jika pertumbuhan ekonomi kita 5,22 persen dan Upah Minimum Regional (UMR) kita Rp2,4 juta, maka penentuan upah berikutnya kemungkinan bisa menurun," ungkap Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Senin (6/7).

Angka UMR atau Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumut sepanjang tiga tahun terakhir mengalami tren peningkatan. Pada 2018 UMP Sumut adalah sebesar Rp2,132 juta, sementara UMP 2019 dan 2020 sama-sama berada di angka Rp2,499 juta.

Jika penurunan upah tersebut sampai terjadi, kata Edy, pada 2021 Pemprov Sumut perlu melakukan intervensi harga bahan-bahan pokok, seperti beras, minyak, sayur dan lainnya. "Perlu dilakukan intervensi agar menurunnya pendapatan masyarakat diikuti penurunan harga," ujarnya.

Terkait dengan pandemi Covid-19, Edy kembali meminta warganya untuk tetap menaati protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 karena rencana penerapan skema kelaziman baru (new normal) di provinsinya masih dalam tahap perencanaan. (R-1)

Baca Juga

ANTARA/Mohamad Hamzah

Sebelum Kurikulum Darurat Diterapkan, Disdik Babel akan Evaluasi

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 09:18 WIB
Disdik Babel akan melakukan evaluasi apakah SMA/SMK di Babel ini perlu menggunakan kurikulum darurat atau cukup dengan kurikulum 13 saat...
ANTARA/Nova Wahyudi

61 Titik Panas Diduga Karhutla Terpantau Satelit di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 08:55 WIB
Ke-61 titik panas tersebut, menurut Mikron, terpantau satelit di enam kabupaten yakni, Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah,...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Mahasiswa dari Luar Yogyakarta Diminta Ikut Prosedur Kesehatan

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 07:57 WIB
"Mahasiswa asal luar daerah yang kembali ke Kota Yogyakarta diharap mengisi data dan profil di aplikasi daring yang dapat diakses...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya