Selasa 07 Juli 2020, 02:35 WIB

Koridor Timur Siap Bangkit Pasca-Covid-19

Gana Buana | Ekonomi
Koridor Timur Siap Bangkit Pasca-Covid-19

ANTARA
Proyek pembangunan properti

 

KORIDOR timur Jakarta dinilai memenuhi syarat serta siap menjadi pusat kebangkitan ekonomi nasional khususnya Jabodetabek pasca-pandemi covid-19. Dengan dukungan infrastruktur memadai, kawasan itu juga terbukti tumbuh cukup pesat dalam satu dekade terakhir.

“Kawasan ini dikenal sebagai sentra industri terbesar di Asia Tenggara dan strategis karena menghubungkan dua kota besar yakni Jakarta dan Bandung. Dua kota besar ini nantinya tidak hanya terkoneksi lewat tol, tetapi juga dengan kereta cepat. Koridor timur Jakarta bisa jadi satusatunya kawasan megaurban,” ungkap Wakil Ketua Umum Koordinator DPP Realestat Indonesia (REI) bidang Tata Ruang,  Pengembangan Kawasan dan Properti Ramah Lingkungan Hari Ganie dalam webinar bertajuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Pengembangan Koridor Timur Jakarta, Kamis (2/7).

Menurut Hari, peran strategis koridor timur Jakarta makin besar dengan keluarnya Perpres Nomor 60 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang dan Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabek-Punjur).

Regulasi itu semakin memantapkan posisi koridor timur Jakarta sebagai kawasan strategis nasional sejak era Presiden Soekarno sampai Presiden Jokowi. Kawasan timur Jakarta itu juga paling cepat pertumbuhannya ketimbang kawasan lain di sekitar Jakarta lantaran didukung sekitar 10 jenis infrastruktur baru.

“Kami kira memang koridor timur Jakarta ini paling memenuhi syarat untuk bangkit lebih dulu pasca pandemi covid-19 ketimbang kawasan lainnya,” ujar Hari.

Ia pun berharap pemerintah memberikan perhatian lebih serius terhadap pengembangan koridor timur untuk memastikan ekonomi bangkit kembali terutama di Jabodetabek sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional.

Berdasarkan data REI, koridor timur yang terbentang dari Bekasi, Cikarang, hingga Karawang tumbuh cepat. Saat ini sekitar 47% pasokan perumahan di Jabodetabek berlokasi di koridor ini. 

“Kini sudah ada sekitar 15 pengembang besar masuk ke koridor timur. Bahkan sudah ada konsorsium yang beranggotakan 9 pengembang terkemuka di sana. Ini satu potensi pengembangan yang besar sekali,” kata Hari.

REI juga berharap sinergi, koordinasi, serta komunikasi yang intens antara badan pengelola dan swasta termasuk asosiasi pengembang bisa terjalin dengan baik.


Daya tarik

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hadi Sucahyono membenarkan pembangunan infrastruktur di kawasan timur Jakarta cukup pesat. Apalagi ada daya tarik terbaru yakni Pelabuhan Patimbang dan Bandara Kertajati, selain jalan tol termasuk tol layang Cikampek II.

Direktur Jababeka Sutedja S Darmono menambahkan koridor timur Jakarta dengan luas mencapai 10.000 hektare bertumbuh menjadi aset properti unggulan yang sangat lengkap baik pusat bisnis, gaya hidup, destinasi hunian, dan kawasan industri. “Jababeka misalnya, kini mengembangkan Jababeka TOD City yang disiapkan di masa new normal,” kata Sutedja.

Executive Director Summarecon Bekasi Albert Luhur menyampaikan untuk Summarecon Bekasi kini sudah dilengkapi danau dan taman yang mencapai 32% dari luas lahan pengembangan. “Kami amat mendukung koordinasi di kawasan Jabodetabek-Punjur,”pungkas Albert. (S-3)
 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kreditur Apartemen Essence Darmawangsa Diminta Ajukan Tagihan

👤Putra Ananda 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 23:08 WIB
Dia menyatakan bahwa batas akhir pengajuan tagihan kreditor dan pajak dalam PKPU ini jatuh pada pekan depan atau Kamis 13 Agustus 2020,...
Antara/Moch Asim

Tambah Kuota, Target Kartu Prakerja Selesai Akhir Oktober

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 22:25 WIB
“Kuota ini sudah ditetapkan sebesar 800 ribu per batch. Ke depan tetap akan 800 ribu kecuali ada keputusan lain yang ditetapkan...
Antara

Tol Gilimanuk-Mengwi Bakal Dukung Pengembangan Bali

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 21:55 WIB
Rencana pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi direncanakan sepanjang 95...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya