Selasa 07 Juli 2020, 01:45 WIB

PM Baru Prancis Segera Rilis Kabinet

PM Baru Prancis Segera Rilis Kabinet

AFP
Perdana Menteri Perancis yang baru, Jean Castex

 

PERDANA Menteri Perancis yang baru, Jean Castex, akan segera mengumumkan pemerintahan baru hasil reshuffle. Targetnya ialah meningkatkan perekonomian negaranya yang menghadapi krisis terburuk sejak Perang Dunia II dan menyuntikkan momentum baru di era kepresidenan Emmanuel Macron.

Castex merupakan birokrat senior dari partai sayap kanan The Republicans dan wali kota provinsi, tetatpi hampir sama sekali tidak dikenal publik Prancis sebelum pengangkatannya pada pekan lalu. Ia menyatakan berusaha bergerak cepat untuk meyakinkan kalangan yang ragu bahwa dirinya ialah pilihan yang tepat untuk jabatan tersebut.

Pria berusia 55 tahun itu ditunjuk Macron menggantikan Edouard Philippe yang akan pulang kampung dan menjabat sebagai Wali Kota Le Havre. Macron saat ini berusaha menghadirkan gairah baru untuk dua tahun terakhir mandatnya menjelang Pemilihan Presiden 2022.


Resesi

Ekonomi Prancis kini terpukul resesi bersejarah akibat badai krisis covid-19. Partai pendukung Macron, Republic on the Move (LREM), juga sedang goyah karena kekalahan dalam pemilihan lokal, akhir bulan lalu.

"Langkah baru diperlukan di saat ini. Penekanan prioritas pemerintah baru nantinya ialah menghidupkan kembali ekonomi, melanjutkan perombakan perlindungan sosial dan lingkungan, membangun kembali tatanan republik yang adil, dan mempertahankan kedaulatan Eropa," tulis Macron di akun Twitter-nya.

Kegagalan LREM yang didirikan menjelang pemilihan presiden Macron pada 2017 dalam pemilihan lokal kembali menunjukkan kurangnya basis akar rumput.

Para analis mengatakan dengan menunjuk seorang tokoh bersahaja untuk menggantikan posisi Philippe yang popularitasnya melebihi Macron, Macron terlihat ingin mempererat cengkeramannya pada tampuk pemerintahan menjelang pemilu presiden mendatang. Belum diketahui apakah Philippe sendiri nantinya yang akan menjadi penantang Macron.

Sementara itu, seorang pembantu Macron, yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan kabinet baru akan diisi wajahwajah baru atau tokoh yang datang dari berbagai lapisan masyarakat. (AFP/Hym/X-11)
 

Baca Juga

AFP/William West

Kasus Covid-19 Tembus 18 Juta, WHO :Dampaknya Berlangsung Lama

👤Fautinus Nua 🕔Senin 03 Agustus 2020, 17:53 WIB
Klaster baru pun telah dilaporkan di negara-negara yang sebelumnya mampu mengendalikan wabah...
AFP

Trump Larang TikTok karena Terhubung ke Partai Komunis Tiongkok

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 03 Agustus 2020, 15:27 WIB
Komentarnya Trump ini muncul setelah Trump mengatakan dia melarang TikTok di AS. Ia mengatakan aplikasi video populer TikTok ini akan...
AFP/Sven Hoppe

Usai Jenguk Saudara, Paus Benediktus XVI Sakit Parah

👤Faustinus Nua 🕔Senin 03 Agustus 2020, 15:25 WIB
Saat ini, Paus Benediktus XVI dilaporkan dalam kondisi sangat lemah. Dia menderita eritelas pada wajah yang menyebabkan ruam wajah dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya