Senin 06 Juli 2020, 22:50 WIB

Ketua Ombudsman RI Lolos Uji Kualitas Seleksi Calon Anggota KY

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Ketua Ombudsman RI Lolos Uji Kualitas Seleksi Calon Anggota KY

MI/Sumaryanto Bronto
Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai

 

KETUA Ombudsman RI Amzulian Rifai masuk dalam 55 orang yang dinyatakan lulus seleksi kualitas online dalam pemilihan calon anggota Komisi Yudisial 2020. Ia akan mengikuti tahapan uji publik online.

Hal itu tercantum dalam lampiran pengumuman resmi hasil seleksi kualitas online dengan nomor 28/PANSEL-KY/VII/2020 tanggal 6 Juli 2020.

"Dari 107 orang peserta seleksi kualitas online pemilihan calon anggota Komisi Yudisial, yang dinyatakan lulus sebanyak 55 orang," ungkap Ketua Panitia Seleksi Maruarar Siahaan dalam surat keputusan tersebut, Jakarta, Senin (6/7).

Selain nama Amzulian, Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala juga dinyatakan lolos dalam seleksi tersebut. 55 peserta yang lulus seleksi kualitas online calon anggota KY 2020, selanjutnya wajib mengikuti seleksi tahap berikutnya, yaitu uji publik online pada 20 – 21 Juli mendatang.

Dalam surat tersebut, ketentuan pelaksanaan uji publik online lebih lanjut diatur oleh Standar Operasional Prosedur (SOP).

Baca juga : Jelang Pilkada, Menpan RB Singgung Netralitas ASN

"Uji publik online Pemilihan Calon Anggota Komisi Yudisial akan dijelaskan pada Technical Meeting yang dilaksanakan pada 17 Juli 2020," kata Maruarar.

Nama peserta lainya yang lolos ialah Mantan Hakim Ad Hoc Tipikor Ahmad Drajad, Komisioner Kompolnas Andrea Hynan Poeloengan, Guru Besar Hukum Tata Negara IPDN Juanda, Mantan Hakim Militer atau Purnawirawan TNI AD Mulyono dan peserta lain yang datang dari berbagai profesi seperti dosen, advokat, jaksa, PNS, dan lainya.

Adapun nama Panitia Seleksi Pemilihan calon Anggota Komisi Yudisial yang dipilih Presiden Joko Widodo ialah sebagai Ketua ada mantan hakim MK Maruarar Siahaan.

Lalu sebagai anggota ialah Pakar Hukum Pidana Harkristuti Harkrisnowo, lalu Guru Besar iImu Hukum Pidana Universitas Gajah Mada (UGM) Edward Omar Sharif Hiariej, Lalu ada pendiri dan pengajar di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera Ahmad Fikri Assegaf dan hakim MK I Dewa Gede Palguna. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Pidato Sidang Tahunan Presiden Diharapkan Beri Harapan ke Publik

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:06 WIB
Pidato Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan, lanjut Fadel, juga harus membuat penegasan, terutama soal bagaimana mendongkrak secara riil...
MI/ Seno

Materi Sosialisasi Ideologi Pancasila Harus Mudah Dipahami

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:01 WIB
"Selama ini penyampaian materi dalam proses pembinaan ideologi Pancasila hanya bersifat satu arah, akibatnya peserta hanya menghafal...
MI/AGUS M

Mahfud sebut Demokrasi Makin Bebas, Korupsi Makin Ganas

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:35 WIB
Saat orde baru korupsi dibangun melalui sistem otoriterisme yang membuat korupsi hanya akan dilakukan oleh orang yang paling berkuasa di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya