Senin 06 Juli 2020, 21:22 WIB

Akibat Covid-19, Upah Minimum di Sumut akan Diturunkan

Yoseph Pencawan | Nusantara
Akibat Covid-19, Upah Minimum di Sumut akan Diturunkan

AFP
Ilustrasi

 

GUBERNUR Sumatera Utara Edy Rahmayadi memerkirakan angka upah minimum di provinsinya akan mengalami penurunan pada tahun depan akibat terjadinya pandemi Covid-19. 

Gubernur Edy mengatakan sepanjang tahun ini kondisi akan lebih sulit karena pertumbuhan ekonomi akan berada di bawah pencapaian tahun lalu.

Pada tahun lalu pertumbuhan ekonomi Sumut mencapai 5,22%, tetapi pada tahun ini diperkirakan hanya akan berada di kisaran 3%.

"Pakar ekonomi kita hanya menjamin sampai akhir tahun hanya 2,55 persen.
Jika pertumbuhan ekonomi kita 5,22 persen dan upah minimum regional (UMR) kita Rp2,4 Juta, maka penentuan upah berikutnya kemungkinan bisa menurun," ungkapnya, Senin (6/7).

Padahal, angka UMR atau upah minimum provinsi (UMP) Sumut sepanjang tiga tahun terakhir mengalami tren peningkatan. Pada 2018 UMP Sumut adalah sebesar Rp2,132 juta, sementara UMP 2019 dan 2020 sama-sama berada di angka
Rp2,499 juta.

Jika penurunan upah tersebut sampai terjadi, kata Edy, maka pada 2021 Pemprov Sumut perlu melakukan intervensi harga bahan-bahan pokok, seperti beras, minyak, sayur dan lainnya.

"Perlu dilakukan intervensi agar menurunnya pendapatan masyarakat diikuti penurunan harga," ujarnya.

Lebih jauh dia mengatakan, saat ini kondisi negara, termasuk provinsinya, mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi.

Wabah Covid-19 yang masih melanda dunia sampai sekarang telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat dan banyak menyebabkan kesulitan seiring lumpuhnya sendi perekonomian pada berbagai bidang.

Terkait dengan wabah dia kembali meminta warganya untuk tetap menaati protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 karena rencana penerapan skema kelaziman baru (new normal) di provinsinya masih dalam tahap perencanaan. (OL-8).

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Cianjur Kejar Target 10 Ribu Swab Test

👤 Benny Bastiandy 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:50 WIB
Pemkab Cianjur akan meminta bantuan pengadaan alat tes usap ke Pemprov Jabar. Alat tes usap diperlukan untuk memenuhi target jumlah...
DOK MI

Pelayanan RSUD Cibabat Cimahi Kembali Dibuka

👤Depi Gunawan 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:30 WIB
RSUD CIbabat Cimahi sempat ditutup selama tiga hari pascabelasan pegawai terkonfirmasi positif virus korona...
DOK MI

Jelang Pilkada, Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:16 WIB
Deklarasi damai belasan perguruan silat dilakukan untuk menjadi situasi di Sidoarjo akan tetap kondusof jelang digelarnya pemilihana kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya