Senin 06 Juli 2020, 21:05 WIB

Pelihara Anjing Ternyata Banyak Manfaatnya untuk si Kecil

Irana Shalindra | Weekend
Pelihara Anjing Ternyata Banyak Manfaatnya untuk si Kecil

Unsplash/Leo Rivas
Memiliki anjing sebagai hewan peliharaan keluarga memiliki banyak benefit bagi anak-anak.

Anak-anak dari rumah tangga yang memelihara anjing memiliki kecakapan sosial dan emosional yang lebih baik daripada anak-anak dari rumah tangga yang tidak memiliki anjing. 

Temuan itu ialah hasil dari penelitian sebuah tim ahli dari University of Western Australia. Mereka mempelajari kuesioner yang diisi oleh lebih dari 1.640 rumah tangga yang mencakup anak-anak berusia dua hingga lima tahun.

Setelah mempertimbangkan usia, jenis kelamin, kebiasaan tidur, waktu layar dan tingkat pendidikan orang tua, mereka meneliti dampak pemilikan anjing pada anak-anak kecil.

Anak-anak dari rumah yang memelihara hewan tersebut 23% lebih sedikit mengalami kesulitan dengan emosi dan interaksi sosial daripada anak-anak yang tidak memiliki anjing.

Para penulis menganalisis data yang dikumpulkan antara 2015 dan 2018 sebagai bagian dari studi Ruang Bermain dan Lingkungan untuk Aktivitas Fisik Anak (PLAYCE). Orang tua dari anak-anak berusia antara dua dan lima tahun menyelesaikan kuesioner menilai aktivitas fisik dan perkembangan sosial-emosional anak mereka. Dari 1.646 rumah tangga yang termasuk dalam penelitian ini, 686 memiliki seekor anjing.

Anak-anak dari rumah tangga yang memiliki anjing juga memiliki kemungkinan 30% lebih kecil untuk terlibat dalam perilaku antisosial, penulis penelitian menemukan dalam dataset.

Mereka juga menemukan bahwa kelompok tersebut 40% lebih kecil kemungkinan masalah berinteraksi dengan anak-anak lain, dan 34 persen lebih mungkin untuk terlibat dalam perilaku yang baik, seperti berbagi.

Associate Professor Hayley Christian, sang penulis riset,  mengatakan itu menarik untuk melihat seberapa besar perbedaan kepemilikan anjing. “Kami memang berharap bahwa kepemilikan anjing akan memberikan beberapa manfaat bagi kesejahteraan anak-anak, kami terkejut dengan fakta kehadiran anjing keluarga semata-mata dapat dikaitkan dengan banyak perilaku dan emosi positif," katanya.

Bahkan di antara rumah tangga yang memiliki anjing ada perbedaan tergantung pada seberapa terlibat anak-anak dalam merawat hewan peliharaan mereka. Mereka yang ikut berjalan-jalan dengan anjing mereka, setidaknya sekali seminggu, memiliki kemungkinan 36% lebih kecil untuk memiliki perkembangan sosial dan emosional yang buruk daripada mereka yang berjalan dengan anjing keluarga mereka kurang dari sekali per minggu.

Anak-anak yang bermain dengan anjing keluarga mereka tiga atau lebih kali per minggu adalah 74% lebih mungkin untuk secara teratur terlibat dalam perilaku yang mempertimbangkan daripada mereka yang bermain dengan anjing mereka kurang dari tiga kali per minggu.

Christian mengatakan temuan mereka tampaknya menunjukkan bahwa kepemilikan anjing dapat bermanfaat bagi perkembangan dan kesejahteraan anak-anak. "Kami berspekulasi bahwa ini dapat dikaitkan dengan keterikatan antara anak-anak dan anjing mereka," jelas penulis utama.

"Keterikatan yang lebih kuat antara anak-anak dan hewan peliharaan mereka dapat tecermin dalam jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain dan berjalan bersama dan ini dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional."

Para penulis mengingatkan bahwa karena sifat pengamatan penelitian mereka tidak dapat menentukan mekanisme yang tepat dengan kepemilikan anjing dapat menguntungkan perkembangan sosial dan emosional pada anak-anak, atau untuk menetapkan sebab dan akibat.

Mereka mengatakan perlu penelitian lebih lanjut untuk menilai potensi pengaruh memiliki berbagai jenis hewan peliharaan atau pengaruh keterikatan anak-anak terhadap hewan peliharaan mereka terhadap perkembangan anak selama hidupnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Pediatric Research. (DailyMail/M-2)

Baca Juga

Dok. Open Doors Locarno Film Festival.

Curhat Para Sineas Asia di Masa Pandemi

👤Fathurrozak 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 07:45 WIB
Sementara sineas Indonesia mulai berproduksi, sineas Filipina berkonsentrasi ke pengembangan naska dan...
Dok. Perang Kota

Film Perang Kota Diundang ke Sørfond Norwegia

👤Fathurrozak 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 06:15 WIB
Film karya Mouly Surya ini diundang untuk ikut berpartisipasi di Sørfond Norwegian South Film...
Facebook Indonesia

Keluarga si Nopal Ajak Warganet Bijak Bermedia Sosial

👤Fathurrozak 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 20:00 WIB
Facebook meluncurkan kampanye aman bersosial media lewat video animasi keluarga Si...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya