Senin 06 Juli 2020, 19:35 WIB

Kemitraan Ekonomi Indonesia- Australia Dimulai Pekan Ini

Mediaindonesia.com | Internasional
Kemitraan Ekonomi Indonesia- Australia Dimulai Pekan Ini

Dok MI
Ilustrasi

 

PERJANJIAN Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) secara resmi mulai berlaku minggu ini.

Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham, mengatakan IA-CEPA akan membawa peluang baru yang signifikan dalam perdagangan dan investasi bagi konsumen dan bisnis di kedua negara, dan menjadi bagian penting dalam strategi pasca-pandemi korona.

“Dimulainya IA-CEPA akan menjadi peluang utama untuk memulai ekonomi babak baru dengan salah satu tetangga terdekat kami dan kedepannya akan membantu mempererat kemitraan antara kedua negara kita,” kata Menteri Birmingham dalam keterangan resmi yang diterima Mediaindonesia.com, Senin (6/5).

“Meningkatkan ikatan ekonomi antara kedua negara kita akan menciptakan peluang perdagangan yang baru bagi bisnis Australia dan Indonesia, mendorong investasi dua arah dan meningkatkan kemakmuran kedua negara kita.”


Di bawah IA-CEPA, Australia akan segera menghapus semua tarif impor Indonesia ke Australia. Termasuk untuk kendaraan bermotor listrik yang Indonesia akan memiliki fleksibilitas terbaik di antara semua mitra dagang Australia untuk menggunakan input impor.

Perjanjian ini telah menciptakan peluang untuk investasi Australia yang lebih besar di sektor tersier, kesehatan, pariwisata, telekomunikasi, dan layanan logistik di Indonesia.

Saat perjalanan internasional kembali memungkinkan, jelas Birmingham, masyarakat Indonesia dapat berkunjung ke Australia untuk meningkatkan keterampilan mereka melalui program pertukaran profesional dan program pelatihan berbasis tempat kerja dalam bidang pendidikan, pariwisata, telekomunikasi, pembangunan infrastruktur, kesehatan, energi, pertambangan, jasa keuangan, dan ekonomi digital

IA-CEPA mencakup kerangka kerja untuk kerja sama terkait perdagangan dan investasi melalui Program Kerja Sama Ekonomi yang didanai bersama. 

Menurutnya, program ini akan mendukung bantuan teknis dan kegiatan peningkatan kapasitas di berbagai bidang yang berkaitan dengan perdagangan untuk memperkuat hubungan komersial dan membantu menggiatkan investasi dua arah. 

"Untuk membantu pebisnis mengambil manfaat dari perjanjian ini, Portal Perjanjian Perdagangan Bebas Australia menyediakan informasi terkini tentang komitmen kami dalam IA-CEPA dan panduan telah tersedia di situs web Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia," tandasnya. (OL-8).

Baca Juga

AFP

10 Pelaut Filipina Ditemukan Selamat dari Ledakan di Beirut

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 10:59 WIB
Menurut pernyataan dari pemerintah Filipina, para pelaut tersebut mengalami luka ringan dan kini sedang dirawat perusahaan perkapalan...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Facebook dan Twitter Hapus Postingan Trump

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 10:54 WIB
Facebook pada Rabu (5/8) menghapus postingan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, lantaran dinilai telah melanggar aturan perusahaan...
Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi: Indonesia Stands with Lebanon

👤Henri Siagian 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 10:12 WIB
Presiden mendoakan bagi seluruh warga dan ledakan di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya