Senin 06 Juli 2020, 19:20 WIB

Pertanian Pisang Kepok di Kabupaten Seruyan Kembali Bangkit

Surya Sriyanti | Nusantara
Pertanian Pisang Kepok di Kabupaten Seruyan Kembali Bangkit

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH
Bakteri darah menyerang 1000 ha kebun pisang kapok dan wak (pisang lokal) di kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Aceh

 

Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng) merupakan salah satu desa penghasil pisang kepok terbesar di Kalteng. Usaha pertanian pisang kepok di desa tersebut saat ini kembali menggeliat pasca tanaman pisang milik petani beberapa waktu lalu sempat terserang bakteri.

Wagiman, seorang petani pisang kepok Desa Bangun Harja mengatakan, saat ini banyak warga di desanya yang kembali menekuni menanam pisang kepok. Hal ini seiring dengan semakin membaiknya kondisi tanaman kebun pisang milik petani.

"Dulu kebun pisang petani di sini sempat terserang jenis bakteri yang menyebabkan buah pisang menjadi rusak, sehingga tak bisa dipanen. Akibatnya dulu banyak petani yang mengalami kerugian karena tak bisa panen," kata Wagiman, Senin (6/7).

Wagiman melanjutkan saat ini harga jual pisang ke tingkat pengepul mengalami penurunan harga dari Rp5.000/kilogram (kg) menjadi Rp3.500/kg.

Baca juga: Damar Bayi Gajah Sumatra Diberi Akte Kelahiran oleh Gubernur Riau

"Pisang yang dipanen oleh petani di desa ini, oleh pengepul selanjutnya dikirim ke Palangkaraya hingga ke Banjarmasin," ujarnya.

Dia mengungkapkan sebelum kondisi tanaman pisang membaik atau masih terserang jenis bakteri pada buah pisang, warga desa menanam ubi jalar sebagai alternatif pilihan pekerjaan pengganti.

"Sekarang kita juga turut senang kondisi tanaman pisang sudah mulai membaik dan bisa dipanen oleh petani," lanjutnya. (OL-14)

 

Baca Juga

dok polda jatim

Kapolda Rangkul Ponpes ikut Jaga Kamtibmas di Jatim

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:29 WIB
Pengasuh ponpes diimbau menjaga santrinya agar tidak terlibat dalam kegiatan...
Ist

Pariwisata Mandalika NTB Diharapkan Topang Perekonomian Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:05 WIB
Event MotoGP, diyakini Abdulbar, akan membawa manfaat ekonomi yang besar bagi The Mandalika dan Indonesia antara lain penciptaan...
Antara/Wahdi Septiawan

Harga Sawit Naik, Petani Aceh Gembira

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:50 WIB
Petani kelapa sawit di kawasan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh sejak sepekan terakhir bergembira. Pasalnya harga tandan buah sawit...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya