Senin 06 Juli 2020, 14:15 WIB

300 ASN di Purwakarta Jalani Swab Test

Reza Sunarya | Nusantara
300 ASN di Purwakarta Jalani Swab Test

MI/Reza Sunarya
ASN di Purwakarta menjalani swab test

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta Jawa Barat dan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, melakukan swab test terhadap ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Kesehatan setempat di Jalan Veteran, Senin (6/7)

Menyusul pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru (AKB), Pemkab Purwakarta tidak mau lengah. Pemeriksaan swab masih dilakukan dalam upaya penekanan penyebaran covid-19 terutama bagi ASN yang kerap bersinggungan dengan pelayanan publik.

"Hari ini ada sekitar 300 ASN melakukan swab test tahap dua pada tenaga medis dan dinas lainnya yang bersinggungan dengan pelayanan publik," kata Perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr. Erlita Kusuma Wardani, Senin (6/7).

Menurut Erlita, dalam sepekan kedepan Gugus Tugas bersama Dinkes Purwakarta juga akan melakukan swab test pada para pedagang pasar di Pasar Citeko Plered, di Pasar Wanayasa, di Pasar Hewan Ciwareng, dan di Pasar Leuwipanjang.

Baca juga: Ratusan Anggota Polres Badung Nobar Live Metro TV

"Kemungkinan hasil tes hari ini bisa diketahui 5 sampai 7 hari ke depan," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, dr. Deni Darmawan mengatakan pemeriksaan ini juga dilakukan untuk mengetahui level kewaspadaan Kabupaten Purwakarta terhadap penyebaran covid-19.

Menurutnya, pemeriksaan swab adalah cara untuk mendapatkan sampel yang digunakan dalam metode PCR dengan menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung atau tenggorokan. Kemudian sampel lendir yang diambil akan diperiksa menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Menurutnya, pengambilan spesimen lendir menggunakan swab dan pemeriksaan PCR merupakan metode paling akurat untuk mendeteksi virus covid-19. (OL-14).

Baca Juga

Antara

Sambut HUT RI, Pelindo 1 Tanam 2.020 Bibit Mangrove

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:00 WIB
Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan ini Pelindo 1 melakukan rangkaian program CSR (Corporate Social Rensposibility) dengan tema...
MI/Liliek Dharmawan

Belum Ada Sumber Air Baku, Kekeringan Mengancam Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 20:53 WIB
Belum adanya sumber air baku di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Kekeringan saat musim kemarau menjadi ancaman bagi daerah penghasil...
Antara

Lamongan Luncurkan Aplikasi Belanja di Pasar Secara Daring

👤M Yakub 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 18:56 WIB
Langkah ini, menjadi solusi membantu pedagang pasar tradisional untuk menjual barang dagangannya pada masa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya