Senin 06 Juli 2020, 12:25 WIB

Terkait Kasus Denny Siregar, Bagaimana Memproteksi Data Pribadi?

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Terkait Kasus Denny Siregar, Bagaimana Memproteksi Data Pribadi?

Medcom
Ilustrasi

 

Ahli digital forensik Ruby Zukri Alamsyah mengungkapkan beberapa cara untuk mengantisipasi kebocoran data pribadi yang diretas dari telepon seluler. Hal ini berkaitan dengan kasus pegiat media sosial (medsos) Denny Siregar yang tidak terima data pribadinya dibocorkan di medsos oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Ruby menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan warga untuk mengantisipasi kebocoran data ialah jangan pernah mengunggah apapun yang terkait data pribadi di medsos atau website.

"Kalau sudah terlanjur posting, segera pastikan telah ada di mana saja lalu hapus," kata Ruby kepada mediaindonesia.coom, Jakarta, Senin (6/7).

Lalu Ruby menambahkan bahwa masyarakat jangan pernah menggunakan aplikasi mobile yang tidak jelas developer-nya atau tidak resmi. Misalnya aplikasi peminjaman online yang tidak memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Data Seluler Bocor, Warga Bisa Tuntut Provider ke Polisi

Langkah berikutnya, Ruby menegaskan masyarakat jangan pernah memberikan data pribadi, yaitu KTP, Kartu Keluarga (KK) atau lainnya ke pihak-pihak yang tidak resmi, antara lain yang diminta oleh aplikasi fintech ilegal.

"Pastikan email yang kita gunakan untuk platform medsos benar-benar aman, menggunakan password yang baik, hanya menggunakan device seperti handphone atau komputer pribadi untuk login, dan gunakan fitur 2FA (Two Factor Authentication)," jelas Ruby.

Lalu, pastikan handphone warga aman dari segala jenis malware atau spyware. Selain itu, menurut Ruby, jangan pernah share kode OTP yang diterima via SMS di telepon seluler kepada pihak lain.

"Warga harus bisa mulai mengatur dan mengontrol sendiri aktifitasnya di medsos maupun penggunaan aplikasi mobile, baik itu e-commerce, fintech ilegal maupun aplikasi lainnya," pungkas Ruby. (OL-14)

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Jakarta Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari Ke Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 11:57 WIB
BMKG memprediksikan dalam periode tiga hari kedepan, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang...
MI/Denny Susanto

Jelang Jatuh Tempo, Raihan PBB-P2 DKI Capai 70,6%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 27 September 2020, 11:21 WIB
Dari target PBB-P2 tahun 2020 sejumlah Rp6,5 triliun, capaiannya sudah mencapai Rp4,59 triliun atau...
MI/Ramdani

Hujan Petir Diperkirakan Guyur Jakarta Minggu Siang

👤Antara 🕔Minggu 27 September 2020, 06:12 WIB
BMKG memprediksi dua wilayah yakni Jakarta Selatan dan Timur akan diguyur hujan berpetir, kemudian di Jakarta Barat akan turun hujan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya