Senin 06 Juli 2020, 08:20 WIB

Temanggung Izinkan Tempat Wisata Dibuka

Antara | Nusantara
Temanggung Izinkan Tempat Wisata Dibuka

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Seorang warga berjalan memikul rumput menyusuri jalan di kawasan Wana Wisata Umbul Jumprit, Ngadirejo, Temanggung, Jateng

 

PEMERINTAH Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengizinkan pengelola tempat wisata untuk membuka usahanya setelah pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) berakhir pada 3 Juli lalu.
  
"Mulai 4 Juli 2020 tempat wisata sudah boleh dibuka, kecuali untuk wisata air," kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq di Temanggung, Senin (6/7)
  
Namun dalam pembukaan tempat wisata tersebut pengelola harus izin dulu pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung.
  
"Izin tersebut bukan untuk mempersulit, tetapi untuk bersama-sama menjamin pelaksanaan kegiatan pariwisata itu sesuai protokol kesehatan pencegahan covid-19," tambahnya.

Bupati menjelaskan dalam pengajuan izin pengelola akan diminta komitmen, pernyataan bahwa tempat wisata sanggup menyediakan tempat cuci tangan/hand sanitizer, dapat memastikan semua orang memakai masker, menjaga jarak dalam antrean, tempat makan juga harus diberi jarak. Pengelola juga harus menandatangani surat kesanggupan untuk mengendalikan, menjamin agar kegiatan kepariwisataan betul-betul mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.
  
Menyinggung kegiatan seni kebudayaan, bupati menyampaikan sementara belum bisa dilakukan, tetapi untuk acara pernikahan, pengajian sudah boleh dilakukan dan panitia tetap mengajukan izin ke gugus tugas secara bertingkat sesuai besar kecil acara.

baca juga: Jogja Bersiap Terima Kunjungan Libur Kenaikan Kelas
  
"Sekali lagi izin ini bukan untuk mempersulit tetapi untuk mengendalian acara tersebut, karena ketika acara itu berlangsung satgas juga akan mendampingi. Kalau acara cukup besar dari Puskesmas juga akan mendampingi, panitia juga diminta menandatangani pernyataan kesanggupan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

MI/Ignas Kunda

DPR RI Bantu Alat Pertanian dan Pupuk ke Petani Nagekeo

👤Ignas Kunda 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 07:05 WIB
Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel bidang industri dan pembangunan   dananggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Lasikodat...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Jadi Zona Merah, Cirebon: Yang Penting Antisipasi Lonjakan Covid

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 06:44 WIB
Konsentrasi kami bukan status merah atau kuning, tapi bagaimana kami menanggulangi, memutus mata rantai penyebaran...
MI/Apul Iskandar

RSUD di Tebing Tinggi Jalin Kerja Sama Untuk Pelayanan Kedokteran

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 06:43 WIB
Untuk meningkatkan pelayanan di bidang kedokteran maupun kedokteran spesialis, RSUD dr Kumpulan Pane mengajak kerja sama dengan RS Adam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya