Senin 06 Juli 2020, 08:10 WIB

Konektivitas, Fondasi Menjadi Digital Telco

Dero Iqbal Mahendra | Ekonomi
Konektivitas, Fondasi Menjadi Digital Telco

Dok. Telkom
Proses penggelaran kabel laut dalam rangka membangun backbone broadband yang menghubungkan nusantara.

 

TELEKOMUNIKASI merupakan salah satu unsur utama dalam pengembangan masyarakat. Dengan telekomunikasi, berbagai hal terhubung dan dapat menjadi lebih baik dan Telkom telah menjalankan peran tersebut bagi Indonesia sejak 55 tahun yang lalu.

Sejak didirikan pada 6 Juli 1965, Telkom dibentuk untuk memberikan pelayanan telekomunikasi bagi masyarakat Indonesia. Kala itu Telkom ditunjuk untuk memberikan pelayanan telepon dan telegram.

Transformasi pertama terjadi pada 1974 dengan mengubah status Telkom dari PN Telkom menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel).

Dari segi layanan, Telkom memfokuskan diri dengan pelayanan telepon untuk domestik dan internasional.

Dampak dari transformasi pertama ini kemudian mendorong pengembangan lebih lanjut Telkom. Dengan luasnya wilayah Nusantara serta topografi kepulauan, menjadikan telekomunikasi sebagai alat pemersatu bangsa.

Indonesia pun meluncurkan satelit Palapa A1 pada 1976 untuk memenuhi kepentingan itu. Dengan satelit Palapa A1, Indonesia menjadi negara ketiga di dunia yang memiliki satelit komunikasi domestik setelah Kanada dan Amerika Serikat.

Ketika pengembangan teknologi telepon seluler berkembang, Telkom lalu beradaptasi serta mendirikan Telkomsel sebagai perusahaan yang khusus melayani pelanggan telepon seluler pada 1995.

Pada tahun yang sama, Telkom melakukan langkah besar untuk melantai di bursa saham dan menjadi perusahaan terbuka dengan mayoritas saham yang tetap dipegang pemerintah.

Memasuki milenium baru, Telkom menambah layanannya dengan memberikan pelayanan internet melalui dial up connection dengan Telkomnet Instan serta Telkom Speedy.

Pada 2011-2015, Telkom mulai merambah sektor broadband dengan didukung pembangunan kabel serat optik JaKaLaDeMa dan membangun Nusantara Super Highway, serta Sulawesi Maluku Papua Cable System.

Untuk layanan sendiri, Telkom melalui Telkomsel telah mampu memberikan pelayanan 4G LTE. Telkom juga mulai memberikan layanan Indihome serta Wifi.Id.

Adapun pada 2017-2020 yang menandai masuknya era digital, Telkom lagi-lagi meluncurkan satelit lain, yakni satelit Telkom 3S serta satelit Merah Putih.

Telkom pun bukan hanya memberikan layanan jasa, melainkan juga turut aktif melakukan pengelolaan inovasi melalui inkubasi dan inovasi digital.


Berdaya saing

Di hari jadinya yang ke-55, Telkom memiliki tujuan untuk mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah yang terbaik bagi para pemangku kepentingan.

“Sebagai penyedia utama pada layanan broadband di Indonesia, Telkom tetap terus memperkuat posisinya sebagai market leader pada domain digital connectivity dengan menghadirkan layanan berkualitas dengan jangkauan terluas,” terang Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.

Telkom pun mengakselerasi domain digital platform dengan mengembangkan layanan data center dan cloud pada tahap awal untuk kemudian menyediakan smart platform di atasnya sebagai enabler berbagai layanan dan solusi information, communication, and technology (ICT).

Untuk itu, kata dia, sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor kunci perseroan dalam bertransformasi menjadi digital telco company yang unggul dan kompetitif di tingkat global di masa depan.

Ke depannya Telkom secara konsisten akan mengembangkan SDM sekaligus membangun budaya digital sebagai bagian dari komponen penting dalam transformasi digital perseroan. (Dro/S3-25)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Reno Esnir

Pasar Apresiasi Upaya Pemulihan Ekonomi, IHSG dibuka Menguat 0,42

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 09:35 WIB
Para pengamat menilai akan terjadi penguatan lanjutan hari ini lantaran pasar menunjukkan apreasiasi atas komitmen pemerintah melakukan...
Ist

Perlu Kolaborasi Multisektor untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 08:41 WIB
Menurut Stafsus Wapres yang membidangi sektor ekonomi dan keuangan ini, ada empat pilar ketahanan pangan yang harus menjadi konsens semua...
MI/Susanto

Erick Tohir Tunjuk Wakapolri Jadi Wakil Ketua II PCPEN

👤Kautsar Bobi 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 08:35 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menyatakan siap bekerja sama dengan TNI dalam memulihkan sektor kesehatan sehingga perekonomian...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya