Senin 06 Juli 2020, 07:05 WIB

Jatim Membara, Menkes Minta Laboratorium tak Jadi Episentrum Baru

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Jatim Membara, Menkes Minta Laboratorium tak Jadi Episentrum Baru

Antara
Fasilitas Laboratorium PCR di RSUD Sidoarjo, Jawa Timur.

 

PADA Minggu (5/7), Gugus Tugas Nasional Covid-19 mencatat 1.607 kasus positif baru di seluruh Indonesia. Hampir setengahnya berasal dari Provinsi Jawa Timur, yakni sebanyak 552 kasus.

Dengan demikian, total ada 14.013 kasus covid-19 di Jatim, setelah sehari sebelumnya di angka 13.461 kasus. Dalam kunjungan kerjanya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengharapkan seluruh pihak di Jatim bahu membahu meredam angka kasus covid-19 agar tidak bertambah lagi.

Menkes juga mengingatkan seluruh pihak untuk menerapkan kewaspadaan tinggi dalam menangani pasien maupun spesimen virus. Seluruh pasien dan spesimen tetap diawasi dan dijaga. Selain itu para tenaga medis dan tenaga laboratorium juga harus mendapatkan pelatihan sebelum terjun dalam penanganan covid-19.

“Uji kepada pasien secara klinis dan harus diawasi,” sebut Menkes Terawan dalam rilis yang diterima Media Indonesia.

Di samping itu, Menkes Terawan juga mengingatkan agar penyiapan ruangan laboratorium harus betul-betul memenuhi syarat. “Jangan sampai laboratorium menjadi episentrum baru,” lanjut Terawan.

Minggu (5/7) sore, Menkes Terawan tiba di Surabaya, Jawa Timur bersama dengan Menko PMK Muhadjir Effendy dan sejumlah menteri. Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo hadir mendampingi. Tujuan mereka adalah melakukan rangkaian kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah wilayah Indonesia untuk mendorong upaya percepatan penanganan Covid-19 di daerah.

Dalam kesempatan itu, mereka meninjau kesiapan kandidat Hotel Grand Surabaya, Kota Surabaya sebagai kandidat Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19.

Selain Jatim, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan, sumbangan kasus positif baru yang cukup tinggi terjadi di DKI Jakarta yakni, 257 kasus, Jawa Tengah 208 kasus, Sulawesi Selatan 136 kasus dan Jawa Barat 106 kasus. (H-2)

Baca juga : Empat Hari Lagi, Tenggat Waktu Jokowi untuk Khofifah

Baca juga : Kasus Korona kian Tak Terbendung di Kota Malang

Baca juga : RS Overload, Sidoarjo Usulkan 5 RS Rujukan Baru

 

Baca Juga

Dok. MI

Kebijakan Baru KBM Untungkan Daerah 3T

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:10 WIB
KEBIJAKAN baru pemerintah sebagai revisi Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, yang membolehkan sekolah di zona...
Ist

UP Respon Kebijakan Mendikbud tentang Kampus Merdeka

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 22:11 WIB
Merespon kebijakan yang digulirkan Kemendikbud erkait dengan kampus merdeka dan merdeka belajar, Universitas Pancasila (UP) bekerjasama...
Antara

Nadiem Izinkan Sekolah Daerah Terpencil Belajar Tatap Muka

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 21:33 WIB
Namun, dia menegaskan bahwa pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan tanpa persetujuan komite sekolah. Kunci dimulainya pembelajaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya